SNMPTN 2022 Digelar Tahun Depan, Simak Mekanisme Pilihan Prodi dan Mapel Untuk Pemeringkatan Siswa

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Jum'at 03 Desember 2021 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 624 2511252 snmptn-2022-digelar-tahun-depan-simak-mekanisme-pilihan-prodi-dan-mapel-untuk-pemeringkatan-siswa-liJ9GL4lIB.jpg Informasi 12 tahapan pendaftaran SNMPTN 2022 di laman LTMPT (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA - Bersiaplah para siswa yang ingin mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Ujian masuk reguler ke universitas ini akan kembali dibuka tahun depan. Ada 12 tahapan pendaftaran yang harus dilalui sekolah dan siswa agar bisa terdaftar di jalur penerimaan mahasiswa berdasarkan rekam jejak prestasi akademik dan portofolio siswa ini.

SNMPTN ini terbuka bagi Siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2022 yang memiliki prestasi unggul. Siswa juga diharuskan yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan juga terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Setiap siswa juga harus memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 yang telah diisikan di PDSS. Sedangkan bagi peserta yang ingin kuliah di prodi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Baca juga: Syarat Pendaftaran SNMPTN 2022, Apa Saja?

Melansir laman resmi LTMPT di ltmpt.ac.id, ada 3 ketentuan bagi peserta SNMPTN untuk memilih program studi pada jalur penerimaan SNMPTN 2022 ini. Simak ketentuannya dibawah ini:

Pilihan Program Studi

1.Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN

 Baca juga: Jadwal SNMPTN 2022 Telah Diumumkan LTMPT, Ini Rinciannya

2. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

3. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju).

Selanjutnya, pada tahapan pendaftaran ada tahap pemeringkatan siswa oleh sekolah dengan memperhitungkan nilai beberapa mata pelajaran per jurusan dan juga kriteri lain seperti prestasi akademik. Berikut ini ketentuannya:

Ketentuan Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah:

1. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah yang pada dasarnya memperhitungkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.

- Jurusan IPA : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

- Jurusan IPS : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

- Jurusan Bahasa : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.

- SMK : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.

2. Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.

3. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini