Beasiswa Kedokteran UI, Mahasiswa Bisa Coba 2 Pilihan Ini!

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Jum'at 03 Desember 2021 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 65 2510950 beasiswa-kedokteran-ui-mahasiswa-bisa-coba-2-pilihan-ini-mbkxr58MXR.jpg Beasiswa Kedokteran UI. (Foto: Ant)

JAKARTA - Beasiswa Kedokteran UI pastinya banyak dicari mahasiswa karena dapat membantu mahasiswa dalam berbagai hal.

Fakultas Kedokteran (FK) UI adalah salah satu lembaga pendidikan kedokteran terkemuka yang menjadi acuan nasional dan hingga saat ini masih menjadi pilihan bagi calon mahasiswa kedokteran dari seluruh Indonesia.

Namun, dalam beberapa hal masih banyak timbul permasalahan yang dihadapi mahasiswa kedokteran terutama dalam biaya pendidikan di FK UI yang kerap kali menghambat mahasiswa.

Baca juga: Gandeng FTUI, Pemkot Depok Kembangkan Kawasan Heritage Depok Lama Jadi Destinasi Wisata Bersejarah


Baca juga: Bersanding dengan Mahasiswa dari 15 Negara, Mahasiswi Ini Wakili UI di UIF Stanford University

Hal tersebut banyak membuat calon mahasiwa berkecil hati dan pesimis, merasa tidak mampu menjalani pendidikan di FK UI dengan biaya yang tidak sedikit.

Namun, mahasiswa Kedokteran UI kini tak perlu khawatir, FK UI sendiri terus mengusahakan ketersediaan dana dari berbagai donatur yang bersedia memberikan bantuan finansial pada seluruh mahasiswa yang berprestasi atau kurang mampu dalam bentuk beasiswa.

Dilansir dari laman resmi FK UI, berikut beberapa beasiswa yang bisa didapatkan mahasiswa kedokteran UI.

1. Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB)

BOPB (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan) adalah penerapan dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) di UI, yang merupakan skema yang memungkinkan mahasiswa membayar biaya pendidikan sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua, wali, atau penanggung biaya pendidikan.

BOPB dapat diajukan oleh mahasiswa baru program S1 Reguler yang lulus dari jalur masuk SIMAK, SNMPTN dan SBMPTN.

Setiap tahunnya, rata-rata sebanyak 30 persen dari jumlah mahasiswa baru mengajukan BOPB. Menariknya, 10 persen dari jumlah yang mengajukan tersebut mendapat kemudahan membayar biaya kuliah.

2. Beasiswa Paripurna untuk Bangsa (BPuB)

Selanjutnya, adapun beasiswa khusus yang bisa didapatkan mahasiswa kedokteran yakni Beasiswa Paripurna untuk Bangsa (BPuB). Beasiswa Paripurna untuk Bangsa adalah beasiswa yang mencakup biaya pendidikan dan biaya hidup untuk seorang mahasiswa kedokteran.

Beasiswa Paripurna untuk Bangsa (BPuB) juga ditujukan untuk memperluas akses mahasiswa berpotensi secara akademik, namun berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Penerima beasiswa adalah mahasiswa hasil seleksi oleh Tim Seleksi Penerima Beasiswa Program BPuB. Program ini tidak hanya membantu Biaya Pendidikan, tetapi juga biaya hidup dan bantuan fasilitas penunjang akademik.

Dengan diadakannya program ini diharapkan dapat dihasilkan lulusan yang berkualitas, yaitu dokter-dokter yang cakap, mempunyai kepedulian sosial yang tinggi, menjunjung tinggi nama almamater, dan berbakti untuk nusa dan bangsa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini