Daftar Tokoh Indonesia Lulusan Universitas di Inggris, dari Tito Karnavian hingga Vidi Aldiano

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 05 Desember 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 65 2510900 daftar-tokoh-indonesia-lulusan-universitas-di-inggris-dari-tito-karnavian-hingga-vidi-aldiano-PMtVhfMpZP.jpg Tito Karnavian. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tak sedikit tokoh atau figur publik yang sukses menuntut ilmu di universitas mancanegara. Dengan bekal ilmu yang diperoleh, ditambah kerja keras dan semangat pantang menyerah, mereka mampu mencapai impian dan cita-citanya.

Salah satu negara yang menjadi pilihan mereka berkuliah adalah Inggris. Berikut daftar tokoh Indonesia yang merupakan lulusan universitas di Inggris.

Pratikno

Pria kelahiran 13 Februari 1962 ini pernah mengenyam pendidikan S1 di Universitas Gadjah Mada pada 1985. Kemudian dia melanjutkan gelar masternya di Universitas Birmingham, Inggris jurusan Master of Development Administration pada 1990. Pada periode 2012-2014, dia pernah menjabat sebagai Rektor UGM. Saat ini Pratikno dipercaya menjadi Menteri Sekretaris Negara di pemerintahan Joko Widodo.

Tito Karnavian

Tito Karnavian merupakan Menteri Dalam Negeri di pemerintahan Joko Widodo. Pria kelahiran Palembang, 26 Oktober 1964 ini pernah mengenyam pendidikan Master Ilmu Kepolisian di University of Exeter, Inggris pada 1993. Lalu pada 1996, dia menyelesaikan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) di Jakarta. Puncaknya, dia menamatkan pendidikan S3-nya Nanyang Technological University, Singapura dengan predikat Magna Cum Laude pada 2013.

Ahmad Fuadi

Ahmad Fuadi dikenal sebagai penulis Novel 5 Menara. Pria kelahiran Bayur Maninjau, 30 Desember 1973 ini menyelesaikan pendidikan S1 di jurusan Hubungan Internasional, Universitas Padjadjaran. Semasa kuliah, dia sudah aktif menulis. Kesempatan emas datang kepadanya saat ia menjadi penerima beasiswa Chevening untuk berkuliah di Royal Holloway, Universitas London, Inggris dengan fokus bidang film dokumenter pada 2005.

Vidi Aldiano

Vidi Aldiano merupakan artis dan penyanyi yang menempuh pendidikan S2 di Universitas Manchester, Inggris. Dia meraih gelar masternya pada 2015. Gelar Master of Science dalam jurusan Innovation Management and Entrepreneurship berhasil diraihnya dengan predikat Cum Laude. Pria kelahiran Jakarta, 29 Maret 1990 ini mendapatkan beasiswa dari kampusnya.

Gita Gutawa

Gita Gutawa adalah penyanyi sekaligus anak dari musisi Erwin Gutawa. Pada 2007, perempuan kelahiran 11 Agustus 1993 ini merilis album solonya yang bertajuk Gita Gutawa. Dia telah menyelesaikan S1 di Universitas Birmingham, Inggris. Pada 2015, dia sukses menyelesaikan pendidikan S2 di London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris dan mendapatkan beasiswa LPDP.

Diolah berbagai sumber

Tika Vidya Utami/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini