Catat! Ini Tips Jitu Membuat CV untuk Mahasiswa Magang

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Kamis 02 Desember 2021 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 65 2510444 catat-ini-tips-jitu-membuat-cv-untuk-mahasiswa-magang-ow0nClMT1o.jpg Tips jitu membuat CV magang/ ist

JAKARTA- Magang merupakan sebuah kesempatan bagi mahasiswa untuk mengenal dunia kerja, di samping memiliki kompetensi yang cocok atau sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

(Baca juga: Waktu Tepat Kirim Lamaran Agar Sukses Dapat Pekerjaan)

Namun untuk bisa diterima magang di sebuah institusi mahasiswa harus melamar terlebih dulu. Sebagai tahap awal mahasiswa harus membuat Curriculum vitae (CV) yang baik untuk diterima.

Saat ini, program magang semakin diminati oleh mahasiswa karena tidak hanya akan mendapatkan pengalaman kerja langsung namun juga bisa dikonversi dengan SKS di perguruan tinggi masing-masing.

(Baca juga: Bingung Cari Tempat Magang? Ini Tipsnya)

Mengutip instagram resmi Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek di @ditjen.dikti, Rabu (1/12/2021), seringkali ada beberapa pertanyaan yang biasa muncul ketika akan membuat CV magang. Kira-kira apa saja yg perlu diperhatikan dalam membuat CV magang? Simak informasi membuat CV untuk magang dibawah ini.

1. Apa saja yang harus dicantumkan di CV?

CV untuk melamar magang ini kamu bisa mencantumkan data dan deskripsi diri, tujuan magang, riwayat pendidikan (kuliah), pengalaman bekerja atau kuliah, keterampilan dan jika ada bisa menambahkan prestasi atau sertifikat sesuai dengan bidang yang dilamar.

2. Mencantumkan pengalaman projek kuliah

Pengalaman organisasi masih sedikit dan belum ada pengalaman bekerja, sebaiknya kamu mencantumkan projek saat kuliah.

3. CV ATS atau Kreatif, mana yang lebih baik?

Untuk format CV bisa menyesuaikan dengan posisi yang dilamar. Jika melamar di bidang desain sebaiknya menggunakan CV kreatif, tetapi jika melamar di bidang bisnis seperti business development, marketing, public relations, HRD dan sebagainya sebaiknya menggunakan CV ATS (Applicant Tracking System). Namun pilihannya kembali lagi ke perusahaan karena tidak semua perusahaan menggunakan CV ATS.

4. Apa hal lain yang harus diperhatikan dalam membuat CV?

Tipsnya kamu bisa mencantumkan akun media sosial atau membuat portofolio untuk memaksimalkan CV kamu. Hindarkan CV yang terlalu ramai dan panjang. Cukup mencantumkan sesuai posisi yang dilamar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini