2 Siswa SMP di Sidoarjo Ciptakan Alat Deteksi Gempa Sederhana

Pramono Putra, iNews · Rabu 01 Desember 2021 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 624 2510224 2-siswa-smp-di-sidoarjo-ciptakan-alat-deteksi-gempa-sederhana-FsVkiqumSN.jpeg

SIDOARJO - Berawal dari hobi otak-atik elektronik, dan banyaknya kejadian gempa dan bencana di dalam rumah, dua orang siswa sebuah sekolah menengah pertama (SMP) swasta di Sidoarjo, Jawa Timur berhasil menciptakan alat sensor untuk mendeteksi gempa dan bencana di dalam rumah.

Muhammad Wahyu Sanjaya, siswa kelas 8 b dan Muhammad Annur Rizki, siswa kelas 8 a SMP Swasta Krian membuat alat sensor deteksi gempa itu dengan menggunakan sejumlah alat yang dibeli di toko elektronik. Alat sensor yang dinamai smart house itu berfungsi untuk mendeteksi gempa dan sejumlah bencana di dalam rumah seperti kebocoran gas elpiji, kebakaran, hingga pencurian.

BACA JUGA: Alat Pendeteksi Gempa UGM Berhasil Deteksi Kejadian Toli-Toli 3 Hari Sebelum Sebelumnya

Alat sensor smart house ini bisa dipasang di dalam rumah, di sejumlah titik di atas atap atau dinding rumah. Uniknya alat sensor hasil ciptaan 2 siswa SMP ini berfungsi tidak menggunakan aliran listrik, namun hanya menggunakan menggunakan baterai buatan yang dibuat dari power bank bekabeka

Sementara ditinjau dari sistem kerjanya, smart house ini mampu mendeteksi adanya getaran gempa atau bencana yang terjadi di dalam rumah. Saat getaran terdeteksi, sensor ini langsung membunyikan alarm atau rekaman suara atas kejadian yang terjadi di dalam rumah.

BACA JUGA: Keren! Pemuda Ini Ciptakan Miniatur Masjid Pendeteksi Gempa

Karena dibuat dengan biaya murah sekira Rp3 juta rupiah dan memiliki sistem kerja yang sederhana, menurut rencana alat sensor deteksi gempa dan bencana dalam rumah ini akan dipatenkan oleh pihak sekolah untuk kemudian dipasarkan ke masyarakat luas.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini