Kampus-Kampus yang Punya Stasiun-Halte dengan Namanya, dari UI hingga UKI

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 28 November 2021 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 65 2507852 kampus-kampus-yang-punya-stasiun-halte-dengan-namanya-dari-ui-hingga-uki-brwlH78bEV.jpg Stasiun UI. (Foto: KAI)

JAKARTA - Beberapa halte Transjakarta dan stasiun kereta api di Jabodetabek diberi nama yang sama dengan nama universitas. Hal itu dikarenakan letaknya yang sangat berdekatan dengan universitas-universitas di Jabodetabek. Seperti halnya stasiun dan halte di bawah ini.

Stasiun Universitas Indonesia

Berada di Depok, Jawa Barat, stasiun KRL Universitas Indonesia masuk ke dalam Daop (Daerah Operasional) I Jakarta. Penumpang yang turun atau naik dari stasiun ini sebagian besar adalah para mahasiswa dan civitas akademika UI.

Melansir laman Heritage KAI, Stasiun UI diapit oleh Stasiun Pondok Cina dan Stasiun Universitas Pancasila, serta merupakan stasiun yang terletak di bagian paling utara Depok.

Baca juga: Quote 7 Presiden Indonesia Tentang Pendidikan, dari Soekarno hingga Jokowi


Baca juga: 3 Kisah Perjuangan Guru, Rela Bertaruh Nyawa demi Mengajar Muridnya

Stasiun Universitas Pancasila

Selain UI, Universitas Pancasila juga memiliki nama stasiun KRL sendiri. Lokasinya sendiri berada di Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan dan terletak persis di seberang Universitas Pancasila. Stasiun ini merupakan stasiun paling selatan di DKI Jakarta.

Pada September 2021, pihak KAI meresmikan underpass di 2 stasiun, yakni Stasiun Universitas Pancasila dan Stasiun Pasar Minggu. Keberadaan underpass ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan bagi para penumpang.

Halte Transjakarta UKI

Halte Transjakarta UKI (Universitas Kristen Indonesia) berada di jalan Mayjen Sutoyo, Jakarta Timur. Halte ini merupakan halte transit bagi koridor 7, 9 dan 10.

Mengutip laman Jakarta Smart City, beberapa rute Transjakarta yang melintasi halte ini adalah Pinang Ranti – Kota, Blok M – Manggarai, dan PGC – Bundaran Senayan.

*diolah dari berbagai sumber 

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini