Daftar Negara Tujuan Kuliah Mahasiswa Indonesia, dari Amerika hingga Jepang

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 27 November 2021 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 65 2507430 daftar-negara-tujuan-kuliah-mahasiswa-indonesia-dari-amerika-hingga-jepang-CLtASUr8st.jpg Ilustrasi wisuda. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Kuliah di luar negeri menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa Indonesia. Dengan kuliah di luar negeri, seorang mahasiswa dapat belajar hidup mandiri sekaligus meraih prestasi di kampus.

Lalu, negara apa saja yang menjadi incaran mahasiswa Indonesia? Berikut daftarnya.

Malaysia

Negara tetangga ini sering menjadi pilihan mahasiswa Indonesia. Hal ini lantaran kemiripan bahasa serta budaya di antara kedua negara. Menurut data Unesco 2018, terdapat 10.401 mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Malaysia. Universiti Malaya dan ‎Universiti Sains Malaysia merupakan kampus dengan reputasi yang baik yang dimiliki Malaysia.

Baca juga: Hebat! Santri Ini Kuliah Doktoral di Jerman, Sekaligus Menjadi Ustadz


Baca juga: Dicemooh, Anak Tukang Jahit Ini Berhasil Raih PhD dan Bekerja di Prancis

Singapura

Negara yang mempunyai ikon patung merlion ini mempunyai daya tarik bagi mahasiswa Indonesia untuk berkuliah. Letak geografis Indonesia-Singapura yang tidak terlalu jauh menjadi salah satu alasannya. Singapura mempunyai dua universitas terbaik yaitu Nanyang Technology University dan National University of Singapore.

Jepang

Kuliah di Jepang menjadi hal yang menarik bagi mahasiswa Indonesia. Jepang dikenal mempunyai lingkungan serta budaya belajar yang mendukung. Selain itu Jepang juga mempunyai banyak tempat bersejarah serta objek wisata yang dapat dikunjungi guna melepas penat dari kegiatan kuliah. University of Tokyo, Kyoto University, serta Osaka University merupakan kampus-kampus terkemuka di Jepang.

Inggris

Inggris juga menjadi negara tujuan mahasiswa Indonesia untuk mengenyam pendidikan. Negara ini mempunyai kampus-kampus legendaris seperti University of Oxford dan University of Cambridge. Setiap tahunnya, negara yang dipimpin Ratu Elizabeth II ini menerima sekitar 2.000 mahasiwa Indonesia. Selain mempunyai kualitas pendidikan yang baik, Inggris juga mempunyai budaya yang menarik.

Jerman

Jerman menjadi tujuan mahasiswa Indonesia untuk meraih ilmu. Jerman dikenal sebagai negara yang mempunyai kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Karenanya, negara ini cocok bagi mahasiswa Indonesia yang mempunyai minat pada sains dan teknologi. Bahkan di negeri ini terdapat kampus yang membebaskan biaya kuliah. Universität Heidelberg, Ludwig Maximilian University of Munich merupakan kampus yang bisa dijadikan pilihan untuk kuliah.

Amerika Serikat

Negara Paman Sam ini mempunyai banyak kampus terbaik, seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT), Stanford University, dan Harvard University. Kebanyakan mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Amerika mengambil jurusan bisnis dan manajemen. Kualitas pendidikan di Amerika tak perlu diragukan lagi. Selain itu, negara ini menghadirkan pengalaman serta gaya hidup yang beragam. Kemudahan berkuliah di sana juga didukung oleh seringnya Amerika Serikat membuka beasiswa bagi mahasiswa Indonesia.

Diolah dari berbagai sumber

Tika Vidya Utami/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini