Share

Longsor Putus Jalur Penghubung Desa di Pacitan, Siswa Seberangi Sungai untuk Sekolah

Ahmad Subekhi, iNews · Rabu 10 November 2021 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 624 2499741 longsor-putus-jalur-penghubung-desa-di-pacitan-siswa-seberangi-sungai-untuk-sekolah-fzUdHfbAPm.jpg

PACITAN - Hujan deras memicu longsor di Pacitan, Jawa Timur. Longsor membawa material berupa batu bercampur lumpur, pasir, dan kerikil yang memutus jalan penghubung antar desa di Kecamatan Arjosari.

Di tengah situasi ini, siswa yang hendak ke sekolah nekat menerobos lokasi longsor dan menyeberangi sungai berarus deras untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. Tindakan nekat ini mereka lakukan agar bisa belajar di sekolah.

BACA JUGA: 1 Rumah Ambruk dan Terbawa Longsor Arus Sungai Cipelang, 1 Orang Terluka

Tak hanya pelajar, warga desa yang lain pun juga nekat melintas lokasi longsor karena jalur ini merupakan satu-satunya penghubung Desa Karangrejo ke Kota Kecamatan Arjosari.

Warga mengatakan, banjir dan longsor batu terjadi Senin (8/11/2021) sore. Hujan deras menyebabkan lereng Gunung Parangan longsor membawa lumpur dan batu terbawa yang menutup jalan menyebabkan akses jalan dari dua desa lumpuh.

Dengan alat seadanya warga berusaha membersihkan material longsor yang menutup jalan.

BACA JUGA: Sekolah Terancam Longsor, Siswa SD Sukomoyo Ketakutan

Kejadian ini bukan pertama kali terjadi karena setiap musim penghujan tiba longsor kerap menerjang wilayah setempat. Meskipun sudah ada dam yang dibangun, material yang longsor dari Gunung Parangan tidak bisa dibendung.

Sampai Selasa (9/11/2021) siang, material longsor masih menutup jalur semua kendaraan roda empat tak bisa melintas.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini