Share

Unnes Masuk Jajaran Top 10 Kampus di Indonesia versi 4ICU UniRank 2021

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Jum'at 05 November 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 65 2497132 unnes-masuk-jajaran-top-10-kampus-di-indonesia-versi-4icu-unirank-2021-ZYtCLDGOwb.jpg Universitas Negeri Semarang (Unnes) (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Semakin banyak perguruan tinggi Indonesia yang masuk daftar pemeringkatan dunia. Salah satunya adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang masuk dalam daftar pemeringkatan 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021.

4ICU merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website yang dimiliki suatu perguruan tinggi.

4ICU UniRank mencatat, untuk edisi 2021, terdapat 577 perguruan tinggi di Indonesia, yang memenuhi kriteria pemeringkatan. Menurut 4ICU UniRank, ada tiga kriteria yang harus dipenuhi perguruan tinggi.

Baca juga:  20 Kampus Terbaik Indonesia versi 4ICU Unirank, 3 Berada di Luar Jawa

Ketiganya yaitu telah terakreditasi oleh lembaga terkait pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara, menawarkan gelar sarjana empat tahun dan pascasarjana, dan memberikan pendidikan dalam format tradisional, tatap muka, dan non jarak jauh.

Dalam laporan tersebut, Universitas Negeri Semarang (Unnes) menempati peringkat 10 dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di Indonesia, peringkat 96 perguruan tinggi di Asia, dan peringkat 891 Dunia.

Baca juga:  3 Kampus Terbaik Versi 4ICU Unirank, UGM Jawaranya

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman menyampaikan menyampaikan rasa syukur atas capaian membanggakan UNNES sebagai Perguruan Tinggi. UNNES mampu bersaing di tingkat dunia versi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank.

Lebih lanjut, Prof Fathur mengatakan, dengan hasil yang ada saat ini kampus yang memiliki 85 program studi ini akan terus berbenah untuk menjadi yang terbaik di Indonesia maupun dunia.

"Kita bersyukur dan bangga atas prestasi ini. Pemeringkatan ini bukan hanya persoalan ranking, tetapi merupakan komitmen Unnes sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional,” pungkasnya.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini