Share

Jenius! Dua Anak Mark Zuckerberg Kuasai Coding Sejak Balita

Fahmi Firdaus , Okezone · Jum'at 05 November 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 624 2497359 jenius-dua-anak-mark-zuckerberg-kuasai-coding-sejak-balita-ljNMswnWBh.jpg Dua anak mark zuckerberg belajar coding/ Instagram

JAKARTA – Pendiri jejaring sosial Facebook, Mark Elliot Zuckerberg ternyata mempunyai cara sendiri mendidik kedua anak mereka untuk mengikuti jejak kedua orangtuanya menjadi seorang programer terkenal.

(Baca juga: YouTuber Banyak Jadi Cita-Cita, Coba Kenalkan Anak Coding Sejak Dini)

Priscilla Chan, istri Mark Zuckerberg mengatakan, mereka sudah mulai mengajarkan anak-anak mereka untuk coding sejak berusia 3 tahun. Coding sendiri merupakan langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Singkatnya, coding merupakan cara berkomunikasi dengan komputer. Bahasa yang dipakai oleh komputer bukanlah bahasa manusia, melainkan kode atau bahasa mesin.

(Baca juga: Facebook Uji Layanan Berlangganan untuk Penggunaan Fitur Grup)

Oleh karena itu, dia bersama Mark memiliki kebiasaan rutin sebelum tidur bersama kedua putri mereka, Maxima (5) dan August (4) mengajarkan keduanya belajar coding.

Co-CEO dari Chan Zuckerberg Initiative (CZI) ini menjelaskan bahwa bahwa anak-anak harus terlebih dulu menyelesaikan tugas-tugas di rumah. Kemudian, mereka mengobrol bersama dan Mark mulai melontarkan candaan atau lelucon yang berhubungan dengan coding. Ternyata, gara-gara candaan terkait coding itu, Chan dan Mark jadi bertemu dan saling jatuh cinta.

Selain itu, ia dan Mark memiliki selera humor yang sama tentang coding.

“Saya ingat dia memiliki gelas bir yang bertuliskan ‘pound include beer dot H’. Ini adalah tag untuk bahasa pemrograman C++. Humor seperti itu yang hanya diketahui orang-orang yang tertarik dengan komputer dan kutu buku,” kata Chan.

Ternyata bahasa pemrograman C++ ini juga menarik minat Maxima dan Agust. Bahkan, Chan juga menyebut bahwa kedua putri mereka termasuk kutu buku.

Ditambahkannya, Mark juga sering ngoding bareng dengan kedua putri mereka sebelum tidur. ”Terkadang mereka membaca buku bersama, atau coding bersama,” katanya.

Menurut Chan, ada banyak cara untuk mendorong anak tertarik untuk ngoding. Termasuk dengan aplikasi visual yang menarik bagi anak. ”Mark melakukan hal tersebut dengan August sejak berusia tiga tahun,” katanya.

Chan juga menyebut bahwa mereka sangat disiplin dalam hal waktu. Karena masing-masing punya kesibukan yang berbeda. Setiap Kamis sore, Chan dan Mark wajib untuk meeting. Juga, setiap pekan ada “date night” atau malam kencan. “Kami sangat disiplin dalam hal waktu dan sangat terorganisir,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini