Share

4 PTS Berkualitas dengan Biaya Pendidikan Terjangkau

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Kamis 04 November 2021 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 04 65 2496632 4-pts-berkualitas-dengan-biaya-pendidikan-terjangkau-rN7OWz5G1F.jpg Foto: Okezone.

JAKARTA - Indonesia memiliki ribuan perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS). Bagi yang tidak diterima di PTN mendaftar di PTS pun bisa menjadi pilihan karena mereka juga menyediakan standar dan mutu pendidikan terbaik bagi mahasiswanya.

Memang tidak dapat dipungkiri jika mayoritas lulusan SMA dan sederajat akan mengincar PTN sebagai tempat mereka menimba ilmu sebagai mahasiswa. Itu sebabnya SNMPTN, SBMPTN ataupun jalur mandiri di PTN selalu kebanjiran peminat.

BACA JUGA: 10 Universitas Terbaik di Indonesia versi 4ICU UniRank 2021

Padahal, Indonesia pun memiliki kampus swasta yang memiliki daya saing tinggi dan juga mengeluarkan lulusan-lulusan terbaik di bidangnya yang akan berguna bagi masa depan bangsa.

Setiap perguruan tinggi pastinya akan melengkapi fasilitas pendidikannya agar mahasiswanya bisa menyerap ilmu dengan baik sehingga menjadi lulusan yang berkompeten.

Tidak terkecuali di PTS. Pengelola universitas swasta akan mengelola kampusnya dengan standar dan juga akreditasi terbaik agar kampusnya menjadi incaran para mahasiswa baru.

BACA JUGA: Hasil Penelitian 2016-2018, Ini Daftar 10 Perguruan Tinggi dengan Kinerja Tertinggi

Melansir laman resmi fintech untuk pendidikan Pintek di pintek.id, Kamis (4/11/2021), berikut ini adalah rekomendasi empat universitas swasta terbaik dengan biaya kuliah terjangkau yang bisa dijadikan pilihan.

1. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma berada di peringkat ke-6 versi Webometrics edisi Juli 2020 sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia.

Universitas Gunadarma atau banyak orang menyebutnya Gundar tidak hanya bisa ditemui di Depok, namun juga bisa ditemui di Kalimalang, Salemba, Jalan TB Simatupang, Cakung hingga Cengkareng.

Sebagai salah satu universitas terbaik, Gunadarma menyediakan sejumlah jurusan favorit yang sudah terakreditasi A, seperti Akuntansi, Psikologi, Sastra Inggris, Ekonomi, Komputer dan berbagai prodi teknik.

Untuk biaya kuliahnya, Universitas Gunadarma membagi ke dalam beberapa bagian seperti biaya SKS, uang gedung dan BPP (Biaya Pengembangan Pendidikan) dengan kisaran yang berbeda tergantung dari jurusan yang dipilih.

Contohnya untuk program studi S1 jurusan Sistem Komputer, biaya USP yang akan dibebankan kepada calon mahasiswa yaitu mulai dari Rp8 juta hingga Rp13 juta dengan BPP sebesar Rp2 juta dan biaya per SKS Rp250 ribu.

Setelah lebih dari 20 tahun berdiri, Universitas Gunadarma berhasil menjadi salah satu PTS berkualitas dan bahkan menjadi institusi perguruan tinggi nasional yang berada di jajaran teratas.

2. Universitas Nasional

Universitas Nasional atau yang biasa disingkat UNAS terletak di Jalan Sawo Manila, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini juga termasuk ke dalam universitas swasta terbaik dengan biaya kuliah yang sangat terjangkau.

UNAS menawarkan berbagai program studi S1 yang sudah memiliki akreditasi A seperti Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, Sosiologi, Ilmu Politik, Manajemen dan Biologi. Terdapat pula jurusan yang menjadi favorit para mahasiswa seperti Hubungan Internasional, Pariwisata, Ekonomi, Sistem Informasi, Informatika hingga Sastra.

Bahkan UNAS berhasil masuk peringkat 20 besar sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik berdasarkan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Agustus 2020.

Seperti yang dilansir dari situs resmi UNAS, biaya kuliah salah satu fakultas yaitu Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Ilmu Komunikasi sebesar Rp3 juta untuk Uang Pembangunan Pendidikan (UPP) dengan Uang Paket Semester (UPS) sebesar Rp8,5 juta.

Tidak perlu khawatir karena biaya tersebut dapat dicicil untuk meringankan beban mahasiswa atau orangtua siswa.

3. Universitas Mercu Buana

Universitas swasta terbaik selanjutnya yaitu Universitas Mercu Buana yang diketahui berhasi menyabet berbagai prestasi di dalam negeri maupun internasional. Contohnya saja, juara 2 untuk kompetisi tingkat nasional desain Pulau Kodingareng Keke yang digelar Ikatan Arsitek Indonesia.

Mercu Buana memiliki enam fakultas dengan 14 jurusan untuk program studi sarjana. Terdapat beberapa jurusan unggulan yang sudah memiliki akreditasi A seperti Broadcasting, Manajemen dan Akuntansi.

Meski masuk ke dalam salah satu perguruan tinggi swasta terbaik, biaya kuliah di Mercu Buana masih sangat terjangkau. Contohnya untuk jurusan Marketing Communication yang membebankan paket biaya kuliah sebesar Rp14,5 juta.

Kampus Mercu Buana beroperasi di Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan dan Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat.

4. Universitas Bina Sarana Informatika

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin kuliah di kampus dengan kualitas pembelajaran terbaik tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

UBSI memiliki berbagai program studi yang bisa disesuaikan dengan minat calon mahasiswa seperti Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Ilmu Komputer, Sistem Informasi. Manajemen, Akuntansi, Teknik Industri, Teknik Elektro, Ilmu Komunikasi dan Sastra Inggris.

Untuk menjangkau calon mahasiswa lebih luas, UBSI sudah dibuka di sejumlah daerah seperti Jakarta, Depok, Bekasi Tangerang, Bogor, Sukabumi, Tasikmalaya, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Surakarta dan Pontianak.

Seperti yang dilansir dari situs resmi UBSI, uang semester untuk mahasiswa baru ajaran 2020/2021 sebesar Rp1,98 juta dengan biaya tambahan Rp300 ribu hingga Rp 600 ribu. Sedangkan untuk program S1 akan dikenakan biaya semester Rp2,58 juta dengan tambahan biaya sebesar Rp400 ribu hingga Rp700 ribu.

Penambahan biaya tersebut tergantung dari jurusan kuliah yang diambil oleh mahasiswa. Namun, jumlah uang semester yang dibebankan sudah termasuk dengan BPP pokok, biaya SKS, biaya praktikum dan biaya ujian.

Itulah 4 rekomendasi PTS terbaik di sekitar Jakarta dengan biaya pendidikan yang terjangkau agar bisa menjadi pilihan untuk menuntut ilmu sebagai mahasiswa.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini