Share

3 Kisah Unik Mahasiswa Saat Ujian, Positif Covid-19 dan Sempat Sesak Napas Sebelum Sidang Skripsi

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 06 November 2021 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 03 65 2496057 3-kisah-unik-mahasiswa-saat-ujian-positif-covid-19-dan-sempat-sesak-napas-sebelum-sidang-skripsi-z4Nlpr5SJ4.jpg Ilustrasi ujian. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Berbagai upaya dilakukan mahasiswa demi bisa mengikuti ujian di kampus. Baik itu ujian atau sidang skripsi, maupun ujian akhir.

Tiga kisah unik di bawah ini dapat menggambarkan kejadian unik, haru sekaligus kontroversial saat mahasiswa mengikuti ujian. Berikut daftarnya.

Baca juga: Mahasiswa Pascasarjana IPB University Juarai Hack the Planet Competition


Baca juga: UGM Dinobatkan Jadi Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi 4ICU

Terpapar Covid-19

Meskipun sedang terpapar Covid-19, namun Bintang, mahasiswa asal Bekasi tetap semangat menjalankan ujian skripsinya pada Juni 2021. Pengalaman itu ia bagikan dalam akun TikTok pribadinya, dan viral.

Bintang mengaku sempat mengalami sakit kepala dan kesakitan dalam bernapas, tepat 5 menit sebelum sidang dilaksanakan. Meskipun sedang tidak sehat, namun Bintang tetap memberikan performa terbaiknya dan berhasil dinyatakan lulus.

Selain membagikan kisahnya saat sidang, Bintang juga berujar betapa sulitnya mengerjakan skripsi di tengah pandemi. Berbagai cara harus ditempuh secara daring, termasuk bimbingan dan revisi naskah skripsi.

Dengan membagikan kisahnya ini, dirinya berharap banyak mahasiswa dan mahisiswi lain di luar sana yang termotivasi. Sehingga, mampu menyelesaikan skripsinya dengan baik.

Gunakan Kardus Agar Tidak Mencontek

Menghindari tindakan mencotek saat ujian, para mahasiswa di sebuah universitas di Karnataka, India melakukan cara unik. Mereka menggunakan kardus yang menutupi bagian kepalanya. Sementara, hanya bagian mata saja yang dapat terlihat. Total, ada sekitar 50 mahasiswa yang mengikuti ujian tersebut.

Foto yang memperlihatkan peristiwa unik tersebut viral pada Oktober 2019. Ternyata, penggunaan kardus itu diwajibkan oleh pihak kampus. Akibatnya, banyak ahli pendidikan dari berbagai negara mengecam hal tersebut. Pengelola kampus juga dipanggil pejabat setempat guna memberikan keterangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Ujian Skripsi di Pantai

Kisah unik sekaligus mengharukan datang dari mahasiswi asal Manado, Jessica. Ia harus menempuh perjalanan sejauh 2 km untuk bisa mendapatkan sinyal saat ujian skripsi pada Juni 2020. Pasalnya, ujian yang akan ia lakukan adalah secara daring, akibat pandemi Covid-19 yang masih berlanjut.

Akhirnya, Jessica memilih untuk melakukan ujian di pantai. Karena, sinyal di lokasi tersebut terasa sangat kencang. Sehingga, dirinya bisa lancar melakukan sidang skripsi. Usai sidang, Jessica dinyatakan lulus dan resmi menyandang gelar sarjana. Di sisi lain, ia merasa sedih lantaran tak bisa merayakan momen bahagianya itu bersama sahabat-sahabatnya. 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini