Share

Wow, FH Unair Duduki Peringkat Pertama di Indonesia Versi THE

Aan haryono, Koran SI · Selasa 26 Oktober 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 65 2492084 wow-fh-unair-duduki-peringkat-pertama-di-indonesia-versi-the-auCqWNZAYO.jpg Foto: Okezone.

SURABAYA - Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga mengalami lompatan peringkat dalam penilaian Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR). FH Unair menempati urutan pertama dalam penilaian by subject atau berdasarkan bidang ilmu di Indonesia. Sementara untuk di tingkat dunia, mereka menempati urutan 201.

Dekan FH Unair Iman Prihandono menuturkan, pihaknya agak terkejut dengan hasil ini. Sebab, tahun ini merupakan pertama kalinya bagi FH Unair ikut serta dalam perangkingan THE. Meski berat, prestasi itu bakal jadi standar capaian baru.

BACA JUGA: 7 Kampus Terbaik Indonesia untuk Jurusan Ilmu Ekonomi Menurut The Times Higher Education

“Waktu kita umumkan, respon dari FH Unair, dari alumni, dosen, tendik, serta mahasiswa senang dan bangga atas capaian ini,” katanya, (25/10/2021).

THE WUR sendiri dikenal menetapkan syarat yang cukup ketat dalam setiap proses seleksi. Salah satunya jumlah publikasi pertahun sedikitnya telah mencapai 100 publikasi. Di FH Unair, kategori publikasi internasional mendapatkan nilai yang paling menonjol. Tercatat, FH mendapat poin 6,13 untuk kategori research. Disusul kategori citation dengan poin 4,03, lalu ada teaching internasional outlook dan kategori industry income.

BACA JUGA: Ini 9 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia, Kampus Kamu Termasuk?

Poin research yang dinilai oleh THE, katanya, merupakan gabungan dari banyak jenis publikasi yang dilakukan FH UNAIR. Di antaranya mulai dari publikasi terindeks Scopus, publikasi internasional, nasional, hingga prosiding.

Iman menambahkan, FH Unair telah memulai internasionalisasi sejak 2008. Beragam asa dilakukan, di antaranya dengan mengadakan konferensi internasional, mengundang pembicara asing, hingga mengirim dosen untuk belajar ke luar negeri.

“Poin tertinggi di THE adalah publikasi. Kita ada peningkatan publikasi sejak 2017, puncaknya pada 2019. Kita menuainya sekarang di 2021,” jelasnya.

Iman menegaskan, pihaknya akan fokus pada atmoser akademik. Menurutnya, penguatan atmosfer akademik yang akan digenjot bakal berdampak luas ke Tri Dharma Perguruan Tinggi lainnya.

“Dampak dari budaya akademik yang bagus itu fokusnya memang penelitian dan publikasi yang berkualitas. Tetapi, dari sini efeknya juga akan menjalar ke kualitas pengajaran hingga pengmas yang berkualitas,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini