Dosen IPB University Raih Penghargaan Internasional Merit Award

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Selasa 26 Oktober 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 65 2491798 dosen-ipb-university-raih-penghargaan-internasional-merit-award-2SEBbRX5va.jpg Prof Hanny Wijaya (Foto: Dok IPB University)

JAKARTA - Pada Konferensi Internasional International Society of Nutraceuticals and Functional Foods (ISNFF) ke 13 yang diselenggarakan di Nanjing, China, Profesor Hanny Wijaya, Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian IPB University memperoleh penghargaan Merit Award 2021.

Merit Award merupakan penghargaan paling penting dari ISNFF. Penghargaan ini diberikan kepada individu atas kontribusinya yang luar biasa pada disiplin ilmu nutrasetikal dan pangan fungsional, serta kiprah nyata bagi asosiasi.

Prof Hanny merasa terkejut dan terharu saat menerima penghargaan ini. Dia mengaku tidak percaya ketika namanya disebut karena dia tidak pernah mendengar info apapun terkait dengan penghargaan yang dia terima ini.

Baca juga: Dosen IPB University Teliti Mangga Kasturi Buah Endemik dan Langka dari Kalsel, Ini Kisahnya

“Jujur saya merasa Tuhan sungguh memberikan hadiah luar biasa, karena untuk bermimpi memperoleh penghargaan ini pun saya tidak berani,” ujarnya melalui siaran pers, Selasa (26/10/2021).

Prof Hanny menganggap pencapaiannya masih terasa sangat jauh dari penerima penghargaan sebelumnya (para pakar kelas dunia).

Baca juga: Viral! Mahasiswi IPB Mirip Paula Verhoeven Ini Berbagi Tips Cepat Lulus Kuliah

“Satu sisi saya bahagia, namun di sisi lain ada perasaan tanggung jawab. Yaitu adanya amanah tambahan, karena apa yang saya lakukan tentu tidak terlepas dari kiprah IPB University. Penghargaan ini sarat dengan bantuan dari banyak pihak dalam perjalanan karier saya,” katanya.

Inovator Cajuput Candy IPB University ini menuturkan, tidak ada karya fenomenal khusus sebagai kriteria pada penghargaan ini. Penghargaan ini lebih ditekankan pada track record dari seseorang yang akan menerimanya.

“Mungkin pertimbangannya adalah karya yang terkait dengan keilmuan, termasuk dalam pertimbangan kelayakan. Hanya saja tidak menjadi fokus utama,” imbuhnya.

Ia menyebut, penghargaan yang tulus dan dukungan penuh yang diperoleh ketika ia mampu melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi stakeholders (baik kelompok kecil maupun besar), adalah kebahagiaan tak terhingga baginya.

“Penghargaan adalah cermin untuk memastikan bahwa saya telah melakukan hal yang benar dan manfaat. Sehingga ini memotivasi saya untuk melanjutkan apa yang saya tekuni. Kebahagiaan saat menerima penghargaan adalah energi baru bagi saya untuk terus berjuang melangkah maju. Saat kita bisa memberi, maka kenapa harus meminta. Jadi kita harus terus berkarya agar bisa memberi,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini