Share

Mahasiswa UB Luncurkan Marketplace Khusus Menjual Produk Inovasi untuk Gerakkan Ekonomi

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 26 Oktober 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 65 2491778 mahasiswa-ub-luncurkan-marketplace-khusus-menjual-produk-inovasi-untuk-gerakkan-ekonomi-fqYBhcb8IC.jpg Mahasiswa UB luncurkan marketplace khusus menjual produk inovasi (Foto: Universitas Brawijaya )

KOTA MALANG - Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) membuat  produk komersial inovasi aplikasi marketplace untuk meningkatkan perekonomian.

Aplikasi marketplace yang dinamakan ABC E-mart ini merupakan kreasi dari para mahasiswa. Aplikasi ini menjual beberapa produk komersial, hasil penelitian dan inovasi para mahasiswa.

Wakil Dekan Kemahasiswaan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya Yusuf Hendrawan mengatakan, banyaknya marketplace umum yang tak mengakomodir produk komersial kreasi mahasiswa, menjadikan anak didiknya termotivasi mengembangkan marketplace khusus mahasiswa.

Melalui unit kegiatan mahasiswa Agritechno Business Centre (ABC) FTP mengakomodasi beberapa produk kreasi dan inovasi olahan mahasiswa dijual.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Brawijaya Ciptakan Dispenser Masker dan Hand Sanitizer

"Aplikasi marketplace yang dikelola dibangun oleh mahasiswa dari lembaga kedaulatan mahasiswa yang namanya ABC, dengan latar belakang bahwa mahasiswa itu punya banyak, produk inovatif, punya banyak produk berbasis teknologi," ujar Yusuf Hendrawan, saat ditemui MNC Portal, pada Selasa (26/10/2021) di Universitas Brawijaya.

Sayang ketika penelitian berhasil dan produk tercipta sering mahasiswa kesulitan untjk memasarkan produknya. Jadi misalkan produknya itu berhasil menjuarai kompetisi kewirausahaan, tetapi tidak bisa diwujudkan dan dipasarkan, hal ini tentu akan sia - sia.

Baca juga: Biskuit dari Ulat Hong Kong Karya Mahasiswa UB Raih Perak di AISEEF

"Sayang kalau produknya tidak dimanfaatkan harus kita serap dan bisa di komersilkan jangan sampai selesai kompetisinya sudah selesai itu harus bisa dijual. Masalahnya ketika siap dikomersilkan dikomersilkan di mana apakah di marketplace umum," bebernya.

Dari sanalah latarbelakang pembuatan ABC e-mart kreasi mahasiswa FTP UB. Selain memasarkan produk, aplikasi ini juga mengajak para mahasiswa, untuk bisa belajar membuat suatu produk komersial yang diawali penelitian. Dimana berbeda dengan marketplace pada umumnya, marketplace buatan mahasiswa ini juga diberikan bimbingan untuk penelitian dan dana hibah, untuk pengembangan produk tersebut.

"Kita mulai dengan mahasiswa kita memberikan dana hibah, kita biayai riset berbasis mahasiswa, untuk menghasilkan penelitian yang output-nya harus produk. Jadi kalau produknya bukan produk komersial, sebatas penelitian saja, hanya dipublikasikan, saya nggak mau, jadi harus produk, setelah menjadi produk dia naik kelas dan masuk ke marketplace ini," jelasnya.

Aplikasi marketplace mahasiswa ini juga diklaim menjadi yang pertama di Indonesia, sebab sebelumnya ada marketplace tapi bukan dikhususkan untuk mahasiswa, melainkan juga diperuntukkan untuk dosen dan civitas akademi lain.

"Saya kira di Indonesia ini masih yang pertama, ada yang saya lihat di internet itu dari president university itu kampus marketplace, tapi dia untuk dosen dan akademisi lain bisa masuk," tuturnya.

Langkah pembuatan marketplace mahasiswa ini juga menjadi bagian dari mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada bidang kewirausahaan, magang, riset, dan proyek independen.

Ada 12 produk terlebih dahulu yang bakal dipasarkan melalui marketplace mahasiswa ini. Produk - produk ini merupakan hasil kreasi, inovasi, dan penelitian dari mahasiswa FTP UB.

"Sementara ini hanya 12 saja tapi kita risetnya puluhan banyak. Kita lihat secara internal FTP, produk-produk mahasiswa FTP sudah banyak sekali. Itu yang pertama kita serap dulu, nanti kalau ini sudah berhasil, sudah sukses, kita mulai kembangkan di lingkup berbagai fakultas, kalau punya produk bisa kita ikutkan di sini," ungkap dia.

Setelah nanti berhasil menjual produk komersial karya mahasiswa UB di lingkungan fakultas dan Universitas Brawijaya, ABC e-mart ini juga akan dikembangkan keluar kampus. Harapannya dengan banyak kampus di Kota Malang bisa bermunculan beragam produk komersial buatan mahasiswa, yang belum terakomodir melalui marketplace umum.

Harapannya seluruh mahasiswa di Malang bisa membeli produk komersial yang dipasarkan oleh sesama mahasiswa, selain sebagai menggerakkan ekonomi juga menjadi bagian dari persaingan industri, dan menumbuhkan ekonomi kreatif.

"Selama statusnya masih mahasiswa, boleh join ke sini. Jadi untuk mahasiswa prestasi yang dapat reward dari universitas atau kampusnya, bukan dalam bentuk materi melainkan voucher, untuk bisa membeli apapun produk yang ada di marketplace sehingga nanti akan menggerakkan menggelorakan ekonomi, dari ebuah produk - produk mahasiswa untuk dibeli juga oleh mahasiswa," paparnya.

Masyarakat umum juga disebut Yusuf Hendrawan, juga bisa membeli produk kreasi dan inovasi mahasiswa. "Nanti masyarakat umum boleh membeli, tapi fokus utama kita adalah mahasiswa. Jadi itu ide kami bersama adik-adiknya mahasiswa, kita harus punya jiwa militansi, dan idealisme yang tinggi, jadi oleh mahasiswa, dari mahasiswa, dan untuk mahasiswa," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini