Share

Kemedikbud Ristek: Tidak Adil Menilai Kecerdasan Anak dari Satu Bidang

Mohammad Adrianto S, Okezone · Senin 25 Oktober 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 624 2491521 kemedikbud-ristek-tidak-adil-menilai-kecerdasan-anak-dari-satu-bidang-74f5nYTlCL.jpg foto: ist

JAKARTA - Plt Kepala Puspresnas Kemendikbud Ristek, Asep Sukmayadi menjelaskan langkah-langkah apa saja yang Kemedikbud lakukan untuk mengembangkan potensi anak-anak muda di Indonesia.

(Baca juga: Fantastis! Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran di Trisakti, Yarsi hingga UPH)

Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang mendukung perkembangan anak, baik itu di bidang Saintek, Olahraga, dan Seni.

Asep menganggap, bahwa orangtua tidak bisa menilai kemampuan seorang anak hanya dari 1 atau 2 pelajaran di sekolah.

(Baca juga: BRIN: Pandemi Covid-19 Berdampak Positif dalam Pengembangan Talenta)

"Prestasi seorang anak tidak dapat diukur dari kepandaian dia hanya dalam 1 atau 2 mata pelajaran saja. Itu tidak adil," ucap Asep di acara Inspirational Talk bertajuk "Bangun Talenta Muda Indonesia" dalam Youth Science Week, Senin (25/10/2021).

"Anak yang pintar adalah anak yang mampu mengetahui kemampuan dirinya dan merealisasikan kemampuan tersebut," lanjut Asep.

Pihak Kemedikbud Ristek sendiri mengharapkan bahwa sekolah dan orang tua bisa mengeksplor kemampuan anak sejak dini, sehingga anak-anak bisa berprestasi sesuai dengan minat mereka masing-masing.

Kedepannya, Asep berharap bahwa semangat merdeka belajar yang diusung Kemedikbud Ristek bisa menghasilkan SDM unggul untuk bangsa Indonesia.

(fmi)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini