Share

Miris! 4 Gedung SD Ini Bobrok, Nomor 4 Roboh Saat Siswa Tengah Belajar

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 24 Oktober 2021 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 624 2490002 miris-4-gedung-sd-ini-bobrok-nomor-4-roboh-saat-siswa-tengah-belajar-Nqis4kjlAj.jpg Gedung sekolah roboh. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sebagai tempat menimba ilmu, sekolah tentunya diharapkan memiliki fasilitas baik yang menunjang kenyamanan bagi siswa untuk menempuh pendidikan. Namun, tak jarang keadaan sekolah kurang memadai untuk melaksanakan proses belajar mengajar.

Bahkan parahnya terdapat sekolah roboh ataupun dalam kondisi mengenaskan hampir roboh. Berikut ini adalah beberapa daftar gedung-gedung sekolah bobrok yang roboh atau hampir roboh.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Jurusan Sepi Peminat di UNY

Baca juga: Wajib Tahu! Sebelum Kuliah di Luar Negeri Perhatikan Hal Ini

1. SDN Rengasdengklok di Jawa Barat

Kejadian sekolah roboh menimpa SDN Rengasdengklok VI, Desa Rengasdengklok Selatan, Jawa Barat pada 18 Oktober 2021 lalu. Kejadian sekolah roboh ini terjadi karena pondasi bangunan yang sudah rusak yang diperparah dengan keadaan cuaca buruk hujan dan angin kencang.

Kerobohan ini menyebabkan tiga rombongan belajar tidak dapat digunakan lagi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini karena kelas tidak dihuni selama pembelajaran tatap muka.

Khawatir masih ada material yang berjatuhan, Kepala Sekolah SDN VI Rengasdengklok mengosongkan sementara di dekat lokasi robohnya.

2. SDN 3 Pulokulon di Jawa Tengah

Rasa ketakutan selalu menyelimuti kegiatan belajar di SDN 3 Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Rasa takut ini dipicu oleh bangunan ruang kelas yang mengalami kerusakan parah. Salah satu kelas di sekolah tersebut juga sudah tidak difungsikan karena sudah nyaris roboh.

Namun kegiatan belajar masih dilaksanakan di salah satu kelas lain yang juga dalam keadaan rusak parah. Plafon hancur, kayu lapuk, semen keropos, dan lantai kelas pecah serta ambles ini menghiasi kelas di SDN 3 Pulokulon.

Kerusakan sekolah ini sudah terjadi sejak empat tahun lalu. Perbaikan bangunan sekolah sudah diupayakan dilakukan sejak 2019 lalu, namun belum ada realisasi hingga saat ini.

3. SDN 2 Tlagah, Jawa Timur

Gedung SDN 2 Tlagah, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan berada dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Tingkat kerusakannya pun sudah masuk dalam kategori kerusakan berat. Plafon di sekolah ini perlahan-lahan mulai runtuh dan terlihat sudah tidak layak huni.

Saat musim hujan, kondisi gedung becek karena bocor. Sekolah ini masih belum bisa diperbaiki atau dibangun kembali karena status tanah yang bermasalah. Selain itu, karena kerusakan berat, SDN 2 Tlagah tidak bisa memperoleh anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Pihak sekolah telah berusaha mencari alternative dengan mengajukan perbaikan kepada Kementerian PUPR di tahun 2021 ini.

4. SDN 2 Cangkoak, Jawa Barat

Setelah hujan seharian, satu ruang kelas di SDN 2 Cangkoak, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat ambruk pada 14 Agustus 2021. Ruangan ini memang sebelumnya sudah dikosongkan karena kondisinya yang sudah tidak layak.

Bangunan SDN 2 Cengkok inipun merupakan bangunan tua yang sudah dibangun sejak 1972. Pada saat kejadian, kegiatan belajar mengajar berlangsung di ruangan lain. Runtuhnya kelas ini terasa seperti gempa kecil bagi guru dan siswa yang sedang melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Guru dan muridpun berlari menyelamatkan diri akibat getaran ini. Saat ini, pihak sekolah berharap agar pemerintah dapat segera melakukan renovasi untuk bangunan SDN 2 Cengkok. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini