Tipikal Mahasiswa dari Kupu-Kupu hingga Kunang-Kunang, Kamu yang Mana?

Mohammad Adrianto S, Okezone · Jum'at 22 Oktober 2021 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 65 2489795 tipikal-mahasiswa-dari-kupu-kupu-hingga-kunang-kunang-kamu-yang-mana-hm0oks34gM.jpg ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Dunia perkuliahan yang terbilang luas, membuat banyak tipe-tipe mahasiswa yang bisa ditemukan. Jenis mahasiswa ini biasanya memiliki orientasinya tersendiri dalam menjalankan kuliah mereka.

(Baca juga: Kreatif! Mahasiswa UGM Ciptakan Alat Pendeteksi Kehamilan Sapi)

Menyadur buku Sukses Sebelum Wisuda karya Robi Afrizan Saputra, Kamis (21/10), terdapat tipe-tipe mahasiswa yang berada di lingkungan kampus. Tetapi, tidak semuanya bisa memiliki stigma baik.

(Baca juga: Punya Karier Mentereng di Silicon Valley, Wanita Cantik Ini Pilih Kerja di Indonesia)

Apa saja tipe-tipe mahasiswa di kampus? Berikut ulasannya.

1. Mahasiswa Kupu-Kupu

Kupu-kupu dalam dunia mahasiswa memiliki singkatan sebagai "kuliah pulang kuliah pulang". Sesuai dengan namanya, mahasiswa kupu-kupu umumnya hanya datang ke kampus untuk belajar dan pulang ketika pelajaran usai.

Mahasiswa jenis ini biasanya hanya berfokus kepada apa yang dia suka, seperti bermain game atau berbaring di kasur rumah maupun kos. Kebanyakan dari mereka sulit berkembang karena kebiasaan seperti ini.

2. Mahasiswa Kura-Kura

Dalam kasus perkuliahan, kura-kura mempunyai arti sebagai "kuliah rapat kuliah rapat". Mahasiswa tipe ini memang terbilang aktif dalam organisasi maupun kegiatan kampus lainnya.

Bagai mahasiswa kura-kura, mereka menjadikan kampus sebagai ladang untuk mendapatkan relasi sebanyak mungkin, demi masa depan mereka. Semakin banyak teman, semakin baik, menurut mereka.

3.Mahasiswa Kunang-Kunang

Kali ini, kunang-kunang adalah singkatan dari "kuliah nangkring kuliah nangkring". Mahasiswa kunang-kunang sering menghabiskan waktu mereka untuk nangkring atau nongkrong, baik itu usai kuliah, atau lebih buruk, saat jam kuliah.

Tentu hal ini bisa berdampak buruk jika terus-terusan dilakukan. Mahasiswa harus mengatur jadwal dengan baik, dan baiknya tidak membuang-buang waktu untuk hal negatif.

4. Mahasiswa Kutu-Kutu

Mahasiswa kutu-kutu merupakan tipe mahasiswa yang "kuliah touring kuliah touring". Mahasiswa tipe ini sering sekali melakukan perjalanan, baik itu hanya sekadar ke mall dalam kota ataupun tempat wisata ke luar kota.

Ada kalanya mahasiswa ini juga mengorbankan waktu kuliah mereka untuk berjalan-jalan, sesuatu yang tidak boleh ditiru.

5. Mahasiswa Kuda-Kuda

Kuda-kuda memiliki artian "kuliah dagang kuliah dagang". Dalam hal ini, berdagang saat kuliah memanglah bukan sesuatu yang buruk untuk dilakukan.

Selama mahasiswa ini bisa membagi waktu untuk kuliah dan dagang, hal ini sah-sah saja dilakukan. Berdagang sendiri juga memiliki banyak keuntungan seperti mengasah jiwa kewirausahaan dan mental berjuang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini