Ketua DPD RI Dukung Jatim Tuan Rumah Konferensi Internasional Alumni Al Azhar

Fahmi Firdaus , Okezone · Selasa 19 Oktober 2021 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 65 2488759 ketua-dpd-ri-dukung-jatim-tuan-rumah-konferensi-internasional-alumni-al-azhar-gPJfHOFw4r.jpg La Nyalla Mattalitti/ Foto: Humas DPD RI

CIREBON - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendukung penuh Provinsi Jawa Timur sebagai tuan rumah Konferensi Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA). Dikatakan LaNyalla, OIAA dapat menjadi harmonisasi perbedaan dan latar belakang kelompok keagamaan di Indonesia.

(Baca juga: LaNyalla Minta Pemuda Pancasila Menahan Diri dan Tak Terlibat Gesekan dengan Ormas Lain)

"Mari kita dukung Jatim untuk menjadi tuan rumah konferensi yang diselenggarakan oleh OIAA. Kita berharap akan tercipta sinergi yang akan saling memberikan dukungan dalam membangun bangsa," kata LaNyalla di sela-sela kunjungan kerja ke Cirebon, Jawa Barat, Selasa (19/10/2021).

Ditambahkannya, dalam pandangan masyarakat Muslim Indonesia, Al Azhar telah memberikan banyak inspirasi dalam mengukuhkan kehidupan keagamaan yang moderat.

(Baca juga: Kasus Golo Mori, Ketua DPD RI: Pencari Keadilan Harus Diperlakukan dengan Baik)

"Dan sebagai benteng wasathiyah, OIAA diharapkan dapat men-direct pemikiran modern yang dapat menciptakan peradaban modern yang lebih harmonis," katanya.

LaNyalla melanjutkan, di tengah-tengah gelombang perkembangan pemikiran mengenai keagamaan dan kebangsaan, perlu adanya penyeimbang agar tercipta harmonisasi.

"Sebab, bangsa Indonesia memiliki beragam latar belakang yang berbeda. Dan, OIAA dapat mengambil peran tersebut," tegas LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu tak menampik jika diperlukan treatment khusus di tengah beragamnya suku, bangsa dan agama di Indonesia. Bagi dia, OIAA merupakan elemen penting untuk menciptakan moderasi atau penengah agar kerukunan dapat senantiasa terjaga.

"Pengukuhan moderasi itu menjadi amat penting di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Dan, OIAA merupakan elemen penting yang bisa menjadi penengah untuk memikul tanggung jawab tersebut," ujarnya.

LaNyalla juga menilai selain menjadi penengah yang menjaga kerukunan masyarakat, OIAA juga diharapkan berperan sebagai agent of change yang dapat memotivasi masyarakat di sekitarnya untuk menggapai pendidikan setinggi mungkin.

"Jadi, selain memberikan penguatan kerukunan umat beragama, kita harapkan OIAA juga berperan aktif mendorong agar hal tersebut diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Inilah kontribusi nyata OIAA yang kita harapkan untuk terciptanya kerukunan di tengah kemajemukan bangsa," tutup LaNyalla.

Sekadar diketahui, OIAA merupakan wadah bagi para alumni Al-Azhar di dunia. Di dalam negeri, Dr KH TGB M Zainul Majdi menjabat sebagai Ketua Umum OIAA Cabang Indonesia. Kepengurusannya sendiri telah tersebar ke seluruh pelosok Tanah Air

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini