Mengenal Jenis-jenis Hewan Secara Lengkap Berdasarkan Kelasnya

Tentya Noerani Dewi Richyadie, · Sabtu 16 Oktober 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 65 2487024 mengenal-jenis-jenis-hewan-secara-lengkap-berdasarkan-kelasnya-qhsDfQgQ3G.jpg ilustrasi: freepik

HEWAN hampir menempati seluruh ekosistem yang ada di bumi, namun kebanyakan spesies hewan hidup di air. Ada sekitar satu juta spesies hewan dengan struktur dan bentuk tubuh yang beraneka ragam.

(Baca juga: Zebra Keluyuran di Jalan Raya Jadi Hiburan Pengendara, Serasa di Kebun Binatang)

Hewan-hewan tersebut selanjutnya diklasifikasikan berdasarkan kriteria tertentu. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan dibawah ini mengenai Hewan dan Jenisnya!

Dilansir Buku Pintar Hewan : Segala Yang Perlu Kita Tahu Tentang Mereka, hewan merupakan organisme eukariotik (memiliki membran inti sel), multiseluler (memiliki sel banyak), tidak memiliki dinding sel, dan tidak memiliki klorofil sehingga hidup sebagai organisme jenis heterotrof, dan bisa menggerakkan tubuh untuk mencari makan atau mempertahankan diri dari predator atau pemangsa.

 (Baca juga: 10 Surga di Afrika, Gurun Bertabur Berlian hingga Pulau bak Fatamorgana)

1. Jenis Hewan Berdasarkan Habitatnya

Habitat adalah tempat dimana klasifikasi makhluk hidup ada di dalamnya. Habitat berasal dari sumber daya alam yang kondisinya memungkinkan banyak makhluk hidup di dalamnya. Baik hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup terkecil sekalipun dapat bertahan hidup pada tempat dan ruang masing-masing.

Jenis Habitat Hewan

Adapun untuk jenis-jenis habitat hewan dan contohnya secara terpereinci, antara lain sebagai berikut;

Habitat Padang Rumput

Padang rumput merupakan habitat yang berada di wilayah padang rumput. Kawasan padang rumpur terbentang mulai dari wilayah tropis hingga subtropis. Curah hujan di daerah padang rumput berkisar 25 hingga 50 cm per tahunnya. Dengan curah hujan sebesar ini, hujan yang turun tidaklah teratur.

Oleh karena itu di padang rumput cukup sulit untuk mendapatkan air, sebab drainase yang rendah. Maka tumbuhan yang dapat tumbuh di padang rumput terbatas. Kebanyakan didominasi oleh jenis rerumputan.

Contoh hewan-hewan yang hidup pada habitat padang rumput diantaranya, kijang, jerapah, kambing liar, zebra, singa, dan harimau.

Habitat Gurun

Habitat gurun adalah tempat yang sulit untuk ditemukan air dalam jumlah banyak. Curah hujannya pun sangat rendah pada habitat gurun, yaitu hanya sekitar kurang dari 25 cm per tahun. Karena kondisinya yang didominasi oleh panas menyebabkan tingkat penguapan sangat tinggi.

Suhu pada habitat gurun sangat tinggi pada siang hari, mencapai 40 derajat celcius. Bahkan berlangsung lebih lama ketika musim panas. Namun saat hari menjelang malam, suhu turun rendah sangat drastis ke temperatur yang rendah.

Contoh hewan yang biasa berada di jenis habitat gurun ini adalah ular, unta, hamster, dan masih banyak yang lainnya.

Habitat Hutan Hujan

Habitat hutan basah juga biasa disebut dengan hutan hujan tropis. Hutan basah merupakan tempat yang kondisinya selalu basah ataupun lembab. Hal ini disebabkan karena curah hujan yang sangat tinggi, yaitu mencapai 200 cm per tahun.

Hutan hujan tropis dapat ditemukan di daerah khatulistiwa, yaitu kurang lebih 0-10 derajat ke utara hingga ke selatan garis khatulistiwa. Karena merupakan hutan yang cukup banyak curah air, pohon-pohon besar mampu tumbuh subur di hutan basah ini.

Begitupun dengan hewan-hewan yang ada di dalamnya, hewan yang memiliki habitat di hutan basah diantaranya adalah gajah, banteng, badak, dan lain sebagainya.

Habitat Air Tawar

Habitat air tawar memiliki kandungan garam yang rendah pada airnya. Secara fisik dan biologi air tawar disebut dengan perantara antara habitat laut dan habitat darat. Hewan yang hidup di habitat air tawar di dominasi oleh kelompok piscess (ikan-ikan). Berikut contoh hewan yang hidup pada habitat air tawar yaitu ikan mas, belut, ikan lele, dan lain sebagainya.

Habitat Air Payau

Air payau adalah wilayah pertemuan air tawar yang mengalir dari sungai dengan air laut. Wilayah ini mempunyai nama lain yaitu muara sungai. Contoh hewan yang hidup di air payau adalah buaya muara.

Habitat Air Laut

Habitat air laut biasa disebut juga dengan habitat bahari. Habitat laut terdiri dari air laut itu sendiri dan bagian pantai pasir. Air laut memiliki kadar garam yang tinggi. Pada daerah tropis kadar garamnya akan lebih tinggi dari pada air laut yang berada di wilayah khatulistiwa.

Habitat air laut dihuni oleh banyak keanekaragaman jenis hewan dan tumbuhan. Berikut contoh hewan yang ditemukan di habitat air laut diantaranya bintang laut, teripang, ikan pari, ikan paus dan banyak yang lainnya.

Habitat Kutub ES

Daerah yang hamper tidak pernah mengalami panas matahari ini, terletak di ujung utara dan selatan bumi. Beberapa jenis paus, anjing laut, beruang kutub dan penguin adalah hewan asli wilayah ini.

2. Jenis Hewan Berdasarkan Cara Berkembangbiaknya

Penggolongan hewan berdasarkan perkembangbiakannya, dibedakan menjadi 3 macam, yaitu secara Ovivar (bertelur), Vivivar (beranak/melahirkan) dan Ovovivivar (Bertelur dan melahirkan).

1. Hewan ovipar (bertelur)

Hewan Ovipar merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur. Embrio yang sudah terbentuk kemudian akan tumbuh menjadi individu yang baru (anak) diluar tubuh induk, yaitu berkembang di dalam telur sebelum menetas menjadi individu yang baru.

Hewan Ovipar, proses pembuahan ada dua macam yaitu Pembuahan Internal dan Pembuahan Eksternal. Pembuahan Internal yaitu merupakan proses pembuahan Ovum oleh sperma yang terjadi di dalam tubuh induk betina contohnya Ayam (unggas, termasuk burung) dan penyu (reptilia). Sementara Pembuahan Eksternal yaitu ialah proses pembuahan yang terjadi di luar tubuh induk betina contoh : Ikan dan katak.

Contoh hewan ovipar yaitu burung, kura-kura, cicak, penyu, bebek, dan ikan.

2. Hewan Vivipar (beranak/ melahirkan)

Hewan yang digolongkan sebagai hewan Vivipar merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara beranak atau melahirkan. Embrio yang sudah terbentuk akan tumbuh menjadi individu baru di dalam rahim induk betina sampai siap untuk dilahirkan.

Hewan vivipar termasuk dalam golongan Mamalia atau hewan menyusui seperti lumba-lumba, harimau, sapi, harimau, gajah, kucing, kerbau dan kambing.

3. Hewan Ovovivipar (bertelur dan beranak/ melahirkan).

Hewan yang termasuk sebagai hewan Ovovivipar yaitu hewan yang proses pembuahannya terjadi dalam tubuh induk betina. Dimana hasil dari pembuahan ini kemudian membentuk telur dan masih dalam rahim induk betina. Dan setelah janin tersebut mulai atau sudah terbentuk secara sempurna, maka telur siap untuk dikeluarkan dari dalam tubuh induk betina.

Telur tersebut kemudian langsung menetas ketika keluar dari tubuh sang induk. Contoh hewan Ovovivipar yaitu ikan Hiu, beberapa jenis kadal dan beberapa jenis ular dan sejenisnya.

3. Macam Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya

Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya digolongkan menjadi :

1. Hewan Pemakan Tumbuhan (herbivora)

Hewan herbivora ada yang makan daun-daun dan ada juga yang makan rerumputan, contohnya sapi dan kambing. Ada pula herbivora yang makan biji-bijian, seperti burung merpati, perkutut, dan parkit. Dan ada herbivora yang makan buah-buahan, seperti kelelawar dan burung beo.

2. Hewan Pemakan Daging (karnivora)

Contoh hewan pemakan daging (Herbivora) yaitu seperti singa, buaya, harimau, burung elang dan hiu. Tapi tidak semua hewa karnivora memamkan daging kareana adapula yang memakan serangga. Contoh hewan yang memakan serangga adalah cicak dan katak.

3. Hewan Pemakan Segalanya (omnivora)

Hewan pemakan segala baik itu tumbuhan maupun daging disebut omnivora. Omnivora memakan tumbuhan dan daging hewan lain. Contoh omnivora yaitu seperti ayam, bebek, dan beruang. Karena ayam makan jagung, padi, dan juga cacing. Beruang makan ikan dan juga dedaunan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini