Calon Mahasiswa Akuntansi Wajib Tahu 4 Fakta Mengejutkan Ini!

Tentya Noerani Dewi Richyadie, · Sabtu 16 Oktober 2021 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 65 2487013 calon-mahasiswa-akuntansi-wajib-tahu-4-fakta-mengejutkan-ini-1K7xR8lryq.jpg Calon mahasiswa akuntansi harus tahu 4 fakta ini. ilustrasi: freepik

JAKARTA - Akuntansi merupakan bidang yang objek utamanya menangani beberapa hal yang berhubungan dengan keuangan. Oleh karena itu, akuntansi sangat diperlukan untuk membantu proses pembukuan dan mengontrol hal yang berhubungan dengan keuangan.

(Baca juga: 9 Pekerjaan Menjanjikan untuk Mahasiswa Jurusan Akuntansi)

Mengutip dari buku Akuntasi Dasar : Buku Pintar untuk Pemula karya Irmah Halimah Bachtiar dan Nurfadila, Jumat (15/10/2021), bahwa tanpa Akuntansi semua lini kehidupan bisa jadi semrawut dan Korupsi bisa berjalan tanpa hambatan layaknya mobil berkendara di jalan tol yang bebas hambatan.

(Baca juga: Yusuf Mansur Raih Cita-Cita Jadi Dosen Tetap, Netizen: Masya Allah Ustadz Jam'an)

Praktek Akuntansi di Indonesia berkembang pesat, tidak dapat dipungkiri bahwa akuntansi sangat dibutuhkan bukan hanya dalam bisnis, namun juga dalam berbagai bidang kehidupan lain. Akuntansi digunakan oleh perorangan bukan ? Mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, bahkan mungkin kamu juga!

Nah, berikut fakta yang harus kamu ketahui mengenai Akuntansi!

1. Ilmu yang dipelajari bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Materi pelajaran Jurusan Akuntansi banyak sekali yang bisa diterapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah menggunakan ilmu akuntansi dalam pembuatan laporan keuangan, baik harian ataupun bulanan. Dengan laporan keuangan ini dapat kamu gunakan untuk mengetahui kemana saja uangmu teralokasi dalam kurun waktu tersebut, kamu bahkan bisa mengatasi berbagai pengeluaran tidak penting. Dengan demikian kamu dapat mengalihkan pengeluaran tidak penting ke dalam tabunganmu.

2. Penerapan yang Luas

Kuliah di jurusan Akuntansi artinya kamu akan mempelajari keterampilan yang dapat diterapkan dalam banyak bidang kehidupan. Kamu dapat menerapkan pengetahuan yang kamu miliki saat menjadi mahasiswa akuntansi mengeni manajemen penggajian, rasio untung dan rugi, dan konsep terkait bisnis lainnya jika kamu ingin merintis bisnis sendiri.

3. Prospek Kerja yang Bagus

Jika kamu mengambil Jurusan Akuntansi Kamu tidak perlu khawatir dengan peluang kerja setelah lulus nanti! Kebutuhan dan ekonomi akan selalu ada dan ilmu Akuntansi pasti dibutuhkan. Ada berbagai pilihan karir Akuntansi yang menjanjikan. Perusahaan atau industri pasti membutuhkan tenaga profesional yang mampu mengatur keuangan perusahaan. Beberapa karir lulusan Akuntansi diantaranya : Akuntan Privat, Akuntan Publik dan Akuntan Pemerintah.

4. Kemampuan yang Berharga

Kemampuan dan sertifikasi Akuntansi selalu berharga bahkan jika kamu ingin merambah ke bidang lain. Dalam hal ini, latar belakang Akuntansi yang kamu miliki akan sangat membantu. Kamu akan dianggap memiliki kemampuan dalam mengembangkan teori moneter yang lebih luas dan mampu mengasah keahlian melalui penerapan metodologi.

Seorang Akuntan yang mampu mengembangkan ketajaman skill akuntansinya dapat memberikan panduan yang relevan untuk seluruh divisi dalam perusahaan, bukan hanya departemen keuangan saja dapat menjadi nilai tambah yang sangat dibutuhkan untuk membangun jenjang karir.

Setelah mengetahui beberapa fakta dari jurusan akuntansi, apakah kamu masih ragu untuk kuliah di jurusan ini?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini