Viral, Cerita Mahasiswa Ramai-Ramai Patungan Beli HP untuk Teman yang Tidak Bisa Kuliah Daring

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 15 Oktober 2021 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 65 2486785 viral-cerita-mahasiswa-ramai-ramai-patungan-beli-hp-untuk-teman-yang-tidak-bisa-kuliah-daring-6dHECtpOWV.jpg Sekelompok mahasiswa membantu membelikan HP untuk temannya yang tidak bisa kuliah daring (Foto: TikTok)

NUSA TENGGARA TIMUR – Perbuatan saling tolong menolong sesama manusia memang harus dilakukan selama kita masih hidup. Hal ini pula yang dilakukan sekelompok mahasiswa di Nusa Tenggara Timur (NTT). Mereka memutuskan membantu temannya dengan cara membelikan telepon selular (ponsel) agar temannya itu bisa mengikuti perkuliahan secara daring.

Dalam video yang diunggah @yenliu, terlihat sejumlah mahasiswa memberikan kejutan untuk salah satu temannya yang diketahui tidak memiliki handphone (HP). Aksi mulia ini pun diunggah di akun TikTok dan langsung viral.

Hingga Kamis (14/10/2021) malam, video tersebut telah dilihat lebih dari 1 juta pengguna.

Menurut Anggelina Ivana Liu, pengunggah video di akun TikTok @virstasafira, ide untuk membantu ini berasal dari teman-teman di kelasnya yang langsung mengumpulkan uang setelah tahu ada temannya yang kesulitan kulian online.

(Baca juga: Sering Stres Saat Kuliah Online, Ini 5 Tips untuk Mencegahnya)

"Jadi ini teman kuliah kita selama pandemi dan kuliah online dia tidak pernah ikut perkuliah karena tidak punya HP,” terangnya dalam video.

"Ini sudah masuk minggu UTS tapi dia belum ikut perkuliahan online sama sekali," lanjutnya.

Anggelina yang akrab dipanggil Yen dan teman-temannya pun memutuskan mengumpulkan uang seikhlasnya untuk beli HP.

(Baca juga: Deretan Aksi Mahasiswa Saat Kuliah Daring Bikin Ngakak)

Yen pun iseng mengunggah video itu di akun TikTok pada Rabu (13/10/2021). Tak lama kemudian, banyak respon positif yang berdatangan. Banyak warganet yang tersentuh dan ingin ikut memberikan bantuan donasi untuk mahasiswa yang kesulitan itu.

“Ini baru teman kuliah seperjuangan, semangat untuk kita yang kuliah online,” tulis akun @may.

“Terima kasih kalian. Hari ini jiwa saya dapat asupan kebahagiaan lagi,” tulis Jenda Mclover.

Yen dan Wilfridus diketahui mahasiswa semester 5 jurusan Ekonòmi Manajeme di salah satu universitas di NTT. Awalnya, Yen dan teman-temannya tidak mengetahui jika ada kawan mereka tidak bisa belajar online karena tidak mempunyai HP.

Hal ini baru disadari ketika mereka mengetahui Wilfridus tidak ikut perkulihan online.

Kemudian mereka mengumpulkan uang bantuan untuk membeli HP dan diberikan ke Wilfridus agar bisa digunakan untuk kuliah online.

Pemberian HP pun dilakukan secara diam-diam agar menjadi kejutan untuk Wilfridus. Mereka terlihat berkumpul di kantin dan kemudian memberikan HP untuk Wilfridus.

Yen pun membagikan momen itu ke TikTok. Ia tak menyangka videonya bisa viral dan mendapat banyak respon pengguna.

Dia berharap HP yang diberikan oleh teman-temannya bisa berguna untuk perkuliahan Wilfridus.

Tak hanya berhenti di situ, Yen dan teman-temannya membuka donasi i di Kitabisa.com, https://kitabisa.com/campaign/fasilitaskuliahsodarawilfridus.

Menurut rencana dana yang terkumpul ini akan digunakan membeli laptop untuk menunjang kegiatan perkuliahan Wilfridus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini