Ingin Dapat Tunjangan dan Kuliah Gratis di Inggris? Simak Syaratnya

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Kamis 14 Oktober 2021 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 65 2486416 ingin-dapat-tunjangan-dan-kuliah-gratis-di-inggris-simak-syaratnya-ubA1ng5pNF.jpg Kuliah di luar negeri/ shutterstock

JAKARTA-Kuliah di luar negeri merupakan dambaan hampir semua pelajar yang baru lulus dari SMA. Saat ini, Jardine Foundation sedang membuka pendaftaran beasiswa kuliah full funded untuk pelajar internasional di kawasan Asia termasuk Indonesia.

(Baca juga: Viral! Mahasiswi Cantik Ini Curhat soal Tekanan Sosial Kuliah di UI)

Beasiswa ini memberikan kesempatan untuk meneruskan kuliah program Bachelor atau S1 di kampus top dunia, yakni University of Cambridge dan University of Oxford.

Melansir laman portal edukasi Ruang Guru, Kamis (14/10/2021), Beasiswa Jardine diberikan atas kontribusi dari Grup Jardine Matheson untuk pendidikan.

(Baca juga: Ini yang Menjadi Daya Tarik Kuliah di Luar Negeri)

Beasiswa ini sudah berdiri selama 39 tahun dan hingga saat ini, sudah ada 379 peserta yang mendapatkan manfaat beasiswa untuk kuliah program sarjana dan magister di Oxford dan Cambridge.

Para penerima beasiswa ini berasal dari negara-negara tempat Jardine Matheson Group beroperasi, yaitu di Indonesia, dan negara di kawasan Asia tenggara lainnya.

Beasiswa untuk kedua kampus ternama dunia ini diutamakan untuk pendaftar dengan tujuan studi khusus, yakni:

1. Untuk Oxford, diutamakan pada Exeter College, Oriel College, The Queen’s College, Trinity College.

2. Untuk Cambridge, diutamakan pada Downing College, Magdalene College, Peterhouse, dan Trinity College.

Manfaat Beasiswa

Beasiswa Jardine menawarkan pembiayaan studi untuk pelajar yang mencakup berbagai biaya dan pengeluaran yang diperlukan selama masa studi. Rinciannya adalah:

1. Biaya kuliah yang langsung dibayarkan ke universitas.

2. Tunjangan biaya hidup tahunan yang akan ditentukan oleh panitia untuk biaya hidup sehari-hari dan tempat tinggal, serta biaya tak terduga lainnya.

3. Biaya visa belajar di Keimigrasian Inggris.

4. Biaya asuransi kesehatan.

5. Tiket pesawat PP kelas ekonomi untuk berangkat menuju Inggris pada awal masa studi, dan untuk perjalanan pulang ke Indonesia setelah menyelesaikan masa studi.

6. Pertemuan rutin dan program magang musim panas.

Syarat Peserta Beasiswa

Untuk dapat terpilih sebagai penerima beasiswa, pelamar harus mencapai standar akademik yang luar biasa.

Penyelenggara beasiswa akan menilai lebih tinggi kepada individu yang menunjukkan nilai kepemimpinan, dan juga memiliki kepedulian yang tinggi pada komunitas tempat mereka tinggal.

1. Pelajar kelas 12 atau lulusan SMA/SMK/Sederajat. Pastikan telah mendapatkan Sertifikat Ujian A-Level atau Sertifikat International Baccalaureate (IB).

2. Memiliki kewarganegaraan di salah satu negara sasaran beasiswa Jardine Matheson (Termasuk salah satunya Indonesia).

3. Memiliki kondisi kesehatan yang baik untuk dapat menyelesaikan studi.

4. Bagi pendaftar yang telah menerima beasiswa dari pihak lain, maka tidak diperkenankan untuk mendaftar beasiswa Jardine 2021.

5. Beasiswa Jardine ditujukan bagi pendaftar yang ingin menempuh gelar sarjana/magister pertama bagi mereka. Bila kamu sudah lulus/pernah menempuh pendidikan setara S1, maka tidak diperkenankan mendaftar program S1 di beasiswa Jardine.

6. Memiliki kualifikasi untuk dapat diterima pada kampus sasaran dari program beasiswa Jardine, yakni University Of Oxford, dan University Of Cambridge

Untuk persyaratan pendaftaran secara rinci, dapat dilihat melalui web berikut

-University Of Oxford di www.ox.ac.uk

-University Of Cambridge di www.undergraduate.study.cam.ac.uk

Berkas dan Dokumen yang Dibutuhkan

1. Foto diri ukuran paspor.

2. Jika kamu mendaftar untuk program S1, diperlukan salinan berkas pendaftaran UCAS (Universities & Colleges Admissions Service). Pendaftaran ini penting karena menjadi semacam sistem penerimaan terpusat, semacam panitia LTMPT di Inggris. Info pendaftaran dapat dicek disini.

3. Salinan resmi transkrip GCSE, A/AS Level dan IB, atau ijazah yang setara dengan gelar sekolah menengah atas/sederajat di Inggris.

4. Surat rekomendasi oleh kepala sekolah, dengan rincian:

-Pencapaian atau prestasi hasil akademik sebelumnya.

-Catatan khusus yang akan menjadi pertimbangan panitia dalam menyeleksi.

-Informasi relevan lainnya yang bisa disampaikan untuk membantu proses pendaftaran.

Jika rekomendasi langsung disampaikan oleh kepala sekolah, maka panitia penyelenggara akan mengirimkan email langsung ke pihak sekolah. Lalu, pihak sekolah dapat mengirimkannya secara langsung tanpa melalui pendaftar. Pelamar beasiswa diminta untuk memberikan nama dan rincian kontak kepala sekolah pada formulir pendaftaran.

Catatan

Seluruh dokumen pendaftaran yang akan dikirim, harus dalam bahasa pengantar bahasa Inggris, atau telah diterjemahkan dengan penerjemah tersumpah.

Tahapan Seleksi

1. Peserta diharapkan telah menyelesaikan pendaftaran di UCAS.

2. Jika sudah menyelesaikan proses di UCAS, bisa langsung mengisi formulir pendaftaran pada halaman berikut. Batas waktu pendaftaran dapat dilakukan hingga 21 Oktober 2021.

3. Kandidat yang terpilih akan diumumkan dan diundang untuk melakukan sesi wawancara pada bulan November 2021.

4. Kandidat yang lolos pada sesi wawancara, akan diundang untuk melakukan seleksi akhir berupa wawancara akhir di Hongkong pada Januari 2022.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini