Share

Festival Sains Antariksa 2021, Usung Tema Peran Perempuan dalam Sains dan Teknologi Keantariksaan RI

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Sabtu 09 Oktober 2021 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 623 2483724 festival-sains-antariksa-2021-usung-tema-peran-perempuan-dalam-sains-dan-teknologi-keantariksaan-ri-0KuFKBk9vn.jpg Webinar Festival Sains Antariksa 2021 (Foto: YouTube)

JAKARTA - Pusat Riset Sains Antariksa (Pussainsa) dalam Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyelenggarakan Talkshow Keantariksaan yang merupakan rangkaian dari Festival Sains Antariksa (FSA) dengan menyesuaikan tema global “Women in Space” pada Sabtu (9/10/2021).

Talkshow Keantariksaan dalam Festival Sains Antariksa 2021 mengusung tema “Peran Perempuan dalam Sains dan Teknologi Keantariksaan Indonesia”.

Festival Sains Antariksa sendiri merupakan kegiatan tahunan Pussainsa yang diselenggarakan dalam rangka memperingati World Space Week.

Kegiatan Talkshow Keantariksaan ini merupakan "Gong" atau acara puncak dari kegiatan Festival Sains Antariksa (FSA) yang sebelumnya telah menyelesaikan serangkaian kegiatan berupa Lomba Poster untuk tingkat SD dan SMP, Lomba Esai tingkat SMA/sederajat, dan Lomba Astrofotografi bagi kalangan umum.

(Baca juga: LAPAN Bagikan Hasil Pengamatan Malam Langit Gelap, Ada Jupiter hingga Galaksi Bima Sakti)

Dalam pembukaan Talkshow Keantariksaan ini Plt. Kepala Pusat Riset Antariksa Lapan BRIN, Dr. Emanuel Sungging Mumpuni, M.Si. memberikan sambutan dengan memaparkan World Space Week dan tujuannya.

"World Space Week adalah pekan keantariksaan yang dideklarasikan PBB sebagai upaya untuk mengedukasi generasi muda tentang arti penting keantariksaan. Kenapa dipilih minggu pertama bulan Oktober adalah untuk mengingat pada saat itu, untuk pertama kalinya benda buatan manusia diterbangkan ke luar angkasa. Acara ini selalu semarak dilakukan oleh negara negara di dunia yang berlomba untuk bisa ke antariksa," terangnya.

(Baca juga: Presiden Jokowi Teken Perpres BRIN, 4 Lembaga Dilebur)

Follow Berita Okezone di Google News

"World Space Week dilaksanakan oleh Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) BRIN setiap tahunnya untuk mengedukasi generasi muda dan membangun wawasan soal keantariksaan bagi generasi muda Indonesia. Banyak kegiatan telah dilakukan dari tingkat SD sampai kompetisi di tingkat internasional, sehingga diharapkan keantariksaan semakin hadir dimasyarakat secara khusus pada tahun 2021 ini adalah terkait peran perempuan terhadap keantariksaan,” lanjutnya.

Setelah itu, kegiatan Talkshow dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) BRIN, Prof. Dr. Ir. Erna Sri Adiningsih, M.Si. Dia berharap melalui berbagai kegiatan Festival Sains Antariksa tahun 2021 ini dapat meningkatkan antusiasme generasi muda untuk mengenal lebih dekat dengan sains keantariksaan.

Diketahui perjalanan sejarah keantariksaan di Indonesia yang sebelumnya dilaksanakan dan diamanatkan kepada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan sekarang sudah bergabung di dalam Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), kegiatan keantariksaan di Indonesia baik itu sains maupun teknologi telah dilaksanakan sejak tahun 60-an.

"Dengan perjalanan panjang ini saya kira Indonesia patut berbangga, selain ada keinginan yang kuat dari pemerintah untuk membangun dan memajukan sains dan teknologi keantariksaan, pemerintah menyadari pentingnya pemanfaatan keantariksaan untuk kesejahteraan umat manusia dan juga pembangunan di Indonesia khususnya," ungkapnya.

"Tentu saja Indonesia sebagai salah satu negara berkembang yang cukup maju di dalam kegiatan keantariksaan khususnya di kawasan Asia tenggara dengan peran dari pendiri negara dan visinya dimana salah satu ukuran kemajuan suatu bangsa adalah penguasaan di dalam keantariksaan," tambahnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini