Menteri Nadiem Ingin Tingkatkan Kesejahteraan Guru Honorer

Kevi Laras, MNC Portal · Jum'at 08 Oktober 2021 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 624 2483300 menteri-nadiem-ingin-tingkatkan-kesejahteraan-guru-honorer-gomDkJpNIP.jpg Menteri Nadiem Makarim (Foto : Okezone.com)

JAKARTA- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengumumkan hasil seleksi kompetensi guru ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada Jumat (8/10/2021). Menurutnya, pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer pada sekolah negeri melalui seleksi guru PPPK 2021.

"Pemerintah selama satu tahun terakhir mencari jalan dan strategi untuk bagaimana bisa menyelesaikan masalah kebutuhan guru dan kesejahteraan mereka, dari guru-guru honorer yang ada di lapangan," ujar Nadiem dalam acara Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Guru ASN PPPK pada Jumat (8/10/2021).

Proses seleksi guru honorer menjadi PPPK ini bertujuan memperjelas status kepegawaian mereka sebagai guru aparatur sipil negara (ASN), terutama meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan guru. Kemudian, Nadiem mengatakan bahwa penerimaan ini juga merupakan upaya meningkatkan derajat guru yang dianggap profesi yang mulia dan terhormat.

"Rekrutmen guru honorer menjadi PPPK ini, kita ingin memperjelas status kepegawaian mereka sebagai guru ASN, terutama meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan guru," tutur Nadiem.

Baca Juga : Nadiem: Dari 1 Juta Formasi Guru PPPK Hanya 506.252 Formasi yang Diajukan Daerah

Ia pun menyayangkan masih adanya guru dengan keterampilan dan tingkat kompetensi yang bagus namun hanya menerima upah Rp. 300.000-500.000 per bulan. Dengan demikian, ini menjadi dasar pemerintah pusat dan daerah untuk bisa memberikan keadilan guru lewat PPPK.

"Ini adalah suatu hal yang menjadi PR besar bersama bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk memberikan keadilan bagi guru-guru honorer. Ini menjadi dasar pemerintah pusat dan daerah untuk bisa memberikan keadilan guru PPPK akan memiliki gaji yang setara," jelasnya.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini