Hari Guru Sedunia: Ini Sejarah dan Temanya Tahun Ini

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Selasa 05 Oktober 2021 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 624 2481276 hari-guru-sedunia-ini-sejarah-dan-temanya-tahun-ini-X8CfyX0pGf.jpg Hari Guru Sedunia/ pixabay

SETIAP tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia atau World Teachers' Day. Tujuan diperingatinya hari ini adalah untuk memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi pada masa depan ditentukan oleh guru.

(Baca juga: Bangun Kawasan Metropolitan Rebana, Jabar Buka 12 Program Keahlian Baru SMK)

Pada tahun ini, Hari Guru Sedunia akan fokus pada dukungan yang dibutuhkan guru untuk berkontribusi penuh pada proses pemulihan bertajuk "Teachers at the heart of education recovery" atau "Guru di jantung pemulihan pendidikan”.

Dilansir dari Wikipedia, Selasa (5/10/2021), UNESCO menjelaskan Hari Guru Sedunia mewakili sebuah kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru, yaitu mengajarkan ilmu pengetahuan dan membangun generasi.

(Baca juga: Viral! Deretan Kasta Dosen Tertinggi di Kampus, Pejabat Negara hingga Sosialita)

Education International (EI), sebuah federasi yang mewakili pengajaran profesional di seluruh dunia, yakin bahwa Hari Guru Sedunia harus dikenal dan dirayakan di seluruh dunia. EI juga percaya bahwa prinsip-prinsip Rekomendasi 1966 dan 1997 harus dipertimbangkan untuk diimplementasikan ke seluruh dunia.

Saat ini, lebih dari seratus negara memperingati Hari Guru Sedunia yang diperingati sejak 1994. Dorongan bagi Education International dan 401 lebih anggotanya telah berkontribusi pada tersebarnya prinsip ini. Setiap tahun, EI melakukan kampanye kesadaran masyarakat untuk menerangkan kontribusi profesi pengajar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini