Apa Itu Konduktor dan Isolator? Ini Jawabannya

Mohammad Adrianto S, Okezone · Rabu 29 September 2021 07:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 624 2477640 apa-itu-konduktor-dan-isolator-ini-jawabannya-0BWr9kbpys.jpg Apa itu konduktor dan islotaor. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Apa itu konduktor dan isolator yang menjadi bagian dari perpindahan arus listrik.

Konduktor dan isolator merupakan bagian penting dari pemahaman mengenai proses konduksi, baik perpindahan panas maupun perpindahan arus listrik.

Menurut E-Modul Fisika kelas XI, Kemendikbud, peristiwa konduksi merupakan peristiwa mengalirnya kalor pada suatu benda penghantar,sementara benda penghantar dalam kondisi diam.

Baca juga: Rumus Keliling Lingkaran, Jangan Sampai Salah Hitung!


Baca juga: Tragedi Trisakti: Sejarah, Latar Belakang dan Kronologinya

Apa saja yang perlu dipelajari mengenai konduktor dan isolator dalam konduksi? Berikut penjelasannya.

Konduktor

Konduktor merupakan zat/bahan yang dapat melakukan proses konduksi dengan baik. Bahan-bahan konduktor umumnya berbentuk logam seperti besi, tembaga, perak, maupun alumunium.

Bahan-bahan di atas banyak digunakan untuk peralatan yang memerlukan perhubungan antara arus listrik atau panas dengan cepat. Peralatan masak seperti panci atau wajan, serta kawat dalam kabel listrik menggunakan bahan-bahan konduktor.

Isolator

Isolator adalah zat/bahan yang sulit melakukan proses konduksi dengan baik. Bahan-bahan isolator dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti karet, busa, kayu, dan plastik.

Berbeda dengan konduktor, isolator digunakan untuk menghentikan atau meminimalisir proses konduksi. Jika diperhatikan, beberapa peralatan masak seperti sudip atau gagang panci menggunakan kayu dan plastik agar tidak mengantarkan panas dengan cepat.

Selain konduktor dan isolator, terdapat juga barang semikonduktor, yang bisa berfungsi baik sebagai konduktor maupun isolator tergantung situasinya. Bahan-bahan semikonduktor dapat ditemukan berupa germanium serta silikon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini