Prodi D-3 Agribisnis UNS Kembali Adakan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Skema Manajemen Agribisnis Jenjang 5

Tim Okezone, Okezone · Rabu 22 September 2021 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 65 2475056 prodi-d-3-agribisnis-kembali-adakan-pelatihan-dan-sertifikasi-kompetensi-skema-manajemen-agribisnis-jenjang-5-at0pXNYRuP.jpg Sekolah Vokasi UNS (Foto: Humas UNS Surakarta)

SOLO - Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui Program Studi (Prodi) D-3 Agribisnis kembali mengadakan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Skema Manajemen Agribisnis Jenjang 5 Pilihan Produksi. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini bekerjasama dengan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Okiagaru Ikamaja dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Agribisnis Ambissi Bogor.

Kegiatan Pelatihan berlangsung selama 5 hari, Senin (30/8/2021) hingga Jumat (3/9/2021). Dekan SV UNS, Drs. Santoso Tri Hananto, M.Acc., Ak., Pelatihan membuka secara simbolis pelatihan bertempat di Gedung C Fakultas Pertanian (FP) UNS. Selama pelaksanaan kegiatan, peserta dan narasumber tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Semoga kegiatan ini menjadi agenda rutin Prodi. Bukan hanya Prodi D3 Agribisnis, tapi dicontoh prodi-prodi lainnya. Bersama-sama memperbaiki kualitas lulusan kita,” Ujar Drs. Santoso.

 (Baca juga: Ini Tips dan Trik Hadapi Tugas Akhir dari Alumni UNS)

Menilik tujuannya, kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan kualitas dosen atau sumber daya manusia Prodi D-3 Agribisni. Adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan D-3 Agribisnis agar siap bersaing di dunia kerja, khususnya pada bidang manajemen agribisnis.

Raden Kunto Adi, S.P., M.P., selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) D-3 Agribisnis serta penanggung jawab kegiatan ini sampaikan ucapan terima kasih kepada Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek serta semua pihak yang turut mendukung dan memfasilitasi kegiatan ini.

“Kami mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini. Semoga setelah kegiatan ini SDM kita semakin unggul,” ujarnya.

 (Baca juga: Jadi Kampus Inklusif, UNS Buka Jalur Disabilitas)

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi kompetensi menjadi bagian dari Program Bantuan Pelatihan Kompetensi Vokasi dan Profesi tahun 2021 oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Kegiatan tersebut diikuti oleh 7 dosen Prodi D-3 Agribisnis, yaitu Raden Kunto Adi, S.P., M.P., Edi Paryanto, S.P., M.Agr., Hardian Ningsih, S.P., M.P., Rysca Indreswari S.Pt., M.Si., Rizki Puspita Dewanti, S.E., M.Si., Dr. Muji Rahayu, S.P., M.P., dan Dr. Ir. Endang Setia Muliawati, M.Si.

Adapun kegiatan uji sertifikasi dilaksanakan setelah pelatihan selesai, Sabtu-Minggu (4-5/9/2021). Respon positif turut didapat dari dosen yang mengikuti uji sertifikasi. Salah satunya yaitu Edi Paryanto, S.P., M.Agr., merasa sangat antusias dan cukup senang diadakannya kegiatan ini. Meskipun pelatihan diadakan secara luring dari pagi hingga sore, Edi Paryanto tetap hadir dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan semangat.

“Saya sangat antusias dan senang mengikuti kegiatan pelatihan dan sertifikasi kompetensi ini, karena saya mendapatkan ilmu baru yang bisa saya bagi dengan mahasiswa, khususnya mahasiswa D-3 Agribisnis. Semoga kegiatan pelatihan dan sertifikasi kompetensi untuk Dosen kedepannya akan lebih sering diadakan,” Kata Edi Paryanto di sela-sela persiapan ujian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini