Daftar Dampak Positif dan Negatif Globalisasi, Mana Lebih Dominan?

Mohammad Adrianto S, Okezone · Senin 20 September 2021 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 624 2473848 daftar-dampak-positif-dan-negatif-globalisasi-mana-lebih-dominan-LhGE4Wc6tc.jpg Dampak positif dan negatif globalisasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Dampak positif dan negatif globalisasi tentu akan selalu ada. Globalisasi merupakan fenomena khusus dalam peradaban manusia yang terus bergerak dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu.

Menyadur Kemendikbud, globalisasi tidak dapat dicegah atau dihindari karena sudah menjadi bagian dari kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu, globalisasi di satu sisi menjadi penting tetapi di sisi lain membawa keburukan.

Apa saja dampak positif dan negatif dari globalisasi? Simak pembahasan berikut ini:

Baca juga: Intip 3 Tipe Gaya Belajar yang Berpengaruh pada Hasil


Baca juga: 5 Kiat Sukses Hadapi Penilaian Tengah Semester (PTS), Paling Penting Jaga Kondisi Tubuh!

1. Dampak Positif

Globalisasi memiliki sejumlah dampak positif bagi masyarakat, yakni:

a. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) sangat pesat terutama dalam teknologi informasi dan komunikasi. Dengan penemuan baru dalam iptek mendorong adanya inovasi dan kreasi untuk mencapai kemudahan di berbagai bidang yang vital seperti pangan, kesehatan dan peningkatan taraf hidup (kesejahteraan).

b. Pembangunan baik dari segi infrastruktur maupun suprastruktur semakin pesat.

c. Meningkatkan penegakan hukum, perlindungan Hak Asasi manusia (HAM), dan pendewasaan demokrasi dalam politik.

d. Meningkatnya kualitas produksi agar dapat bersaing di pasar internasional.

e. Meningkatkan kepribadian, sikap hidup, dan pola pikir, sehingga tidak mudah terpengaruh budaya negatif.

f. Kemudahan memperoleh kebutuhan hidup dengan banyak variasi dan harga yang murah.

g. Kemudahan dan kecepatan memperoleh informasi yang bermanfaat dalam aktivitas

karena sudah terhubung dengan jaringan data terpusat.

h. Memiliki wawasan lebih luas dalam memahami dan menangani persoalan dengan belajar dari permasalahan masyarakat lain.

i. Meningkatkan budaya disiplin dan etos kerja, sehingga meningkatkan hasil produktivitas dan prestasi kerja.

j. Peningkatan hubungan antar negara di sektor ekonomi sehingga terjadi kemudahan dalam bertransaksi secara online, baik dalam negeri maupun ke mancanegara.


2. Dampak Negatif

Ada pun beberapa dampak negatif dari globalisasi, yaitu:

a. Membentuk jaringan global yang merangkul seluruh dunia dan mengarahkannya pada poros kendali negara yang memiliki kekuatan ekonomi raksasa, yang menimbulkan ketergantungan negara miskin.

b. Menimbulkan kesenjangan kepemilikan modal yang mendorong timbulnya kesenjangan sosial-ekonomi masyarakat. Hal ini dapat mendorong terjadinya kapitalisme dalam dunia ekonomi.

c. Terjadinya pembangunan yang tidak merata (ketimpangan), yaitu daerah yang maju akan semakin maju dan daerah terpencil tidak bisa berkembang.

d. Menimbulkan liberalisme dalam berbagai bidang misalnya kebebasan yang melampui batas dengan mengatasnamakan HAM dan demokrasi. Juga perilaku yang melanggar

norma sosial dengan alasan asal tidak mengganggu orang lain seperti cara berpakaian, berpacaran, dan sebgainya.

e. Menimbulkan individualistis dan materialisme yang lebih mengutamakan keuntungan dan kepentingan diri (partikular) sehingga meninggalkan budaya kekeluargaan dan kegotongroyongan.

f. Menimbulkan permasalahan sosial yang mengancam nilai sosial seperti konsumerisme, sekularisme, hedonisme, materialisme, dan sebagainya.

g. Memudarnya bahkan hilangnya budaya luhur bangsa akibat pengaruh yang datang

dari luar. Banyak peniruan budaya buruk dari negara barat yang tidak sesuai dengan

budaya kita (westernisasi) yang menyimpang yang melanggar ajaran agama, moral/etika, dan hukum. Ancaman yang perlu perhatian yaitu semakin memudarnya jati diri bangsa Indonesia.

h. Masuknya paham-paham yang tidak sesuai dengan ideologi negara yang menimbulkan konflik di masyarakat akibat hubungan dengan masyarakat lain (radikalisme).

i. Meningkatnya kualitas dan kuantitas kriminalitas karena imitasi dengan banjirnya film dan tontonan dari negara asing. Hal ini mendorong merebaknya penyakit sosial

seperti pornografi, penyalahgunaan narkoba, dan lain sebagainya.

j. Kualitas lingkungan menjadi buruk akibat sampah industri yang berkembang pesat. Sumber daya alam rusak dan punah akibat eksplorasi yang tanpa kendali dalam memenuhi kebutuhan pasar internasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini