5 Dampak Ditemukan Komputer dalam Bidang Iptek, Apa Saja?

Mohammad Adrianto S, Okezone · Selasa 21 September 2021 07:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 624 2473843 5-dampak-ditemukan-komputer-dalam-bidang-iptek-apa-saja-97w6Y4lClN.jpg Dampak ditemukan komputer dalam bidang Iptek. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Dampak ditemukan komputer dalam bidang Iptek tentu sangat luas. Komputer merupakan sebuah teknologi yang sudah banyak membantu umat manusia.

Mengutip dari buku Mata Pelajaran IPS Kelas IX untuk MTS dan SMP keluaran Kemedikbud, ada beberapa peran penting komputer dalam bidang Iptek.

Apa saja peranan tersebut? Berikut pembahasannya:

1. Memudahkan perhitungan yang rumit

Penggunaan komputer pertama dari tahun 1940an adalah dalam bidang ilmu pengetahuan, untuk memudahkan perhitungan sulit dalam banyak variabel dan angka rumit, misalnya menghitung penerbangan roket dan meriam, data sensus penduduk dan lainnya.

Baca juga: 5 Kiat Sukses Hadapi Penilaian Tengah Semester (PTS), Paling Penting Jaga Kondisi Tubuh!


Baca juga: Intip 3 Tipe Gaya Belajar yang Berpengaruh pada Hasil

2. Memudahkan pengumpulan data

Komputer memudahkan pengumpulan data dari percobaan, survei dan pengamatan, yang kemudian dapat disimpan dalam bentuk digital. Data digital ini memakan tempat lebih sedikit dan mudah dipindahkan.

3. Memudahkan analisa data

Data digital dalam komputer juga mudah dianalisa, sehingga para ilmuwan mudah menguji hipotesis dan melakukan riset.

4. Memudahkan kerja sama antara ilmuwan

Komputer yang dilengkapi dengan jaringan komputer, seperti internet, memudahkan kerja sama ilmuwan yang berada di tempat terpisah. Jaringan internet sendiri dikembangkan oleh ilmuwan Amerika Serikat yang bekerja di DARPA.

5. Memungkinkan simulasi dan prediksi

Dengan kemampuan komputer, dapat dilakukan simulasi untuk memprediksi hasil uji coba, seperti reaksi kimia, dan fenomena alam, seperti cuaca.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini