Share

5 Tips Bagi Mahasiswa Teknik Informatika untuk Kuasai Pemrograman

Neneng Zubaidah, Koran SI · Kamis 16 September 2021 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 65 2472210 5-tips-bagi-mahasiswa-teknik-informatika-untuk-kuasai-pemrograman-bJ6l7Tb321.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Menguasai bahasa pemrograman membutuhkan trik dan tips khusus agar ketika lulus nanti, mahasiswa dapat menguasai keterampilan yang dibutuhkan perusahaan. Mengingat kemajuan teknologi yang semakin masif maka lulusan Teknik Informatika pun akan semakin dibutuhkan di masa depan.

Dikutip dari instagram resmi Direktorat Dikti dan Vokasi Kemendikbudristek di @diktivokasi, Rabu (15/9/2021), sebagai mahasiswa Teknik Informatika tentunya bahasa pemrograman sudah tidak asing lagi dalam dunia perkuliahan.

Namun, tetap saja masih banyak mahasiswa yang kesulitan untuk memahami tentang pemrograman dan kesulitan untuk menguasainya. Namun tidak perlu khawatir, dibawah ini adalah tips belajar pemrograman sehingga mampu menjalankan perkuliahan dengan baik.

Berikut ini adalah tips untuk menguasai programming sehingga mudah dipahami mahasiswa.

BACA JUGA: Kocak! Ngantuk Berat, Mahasiswi Ini Terjatuh saat Tertidur di Kuliah Online

1. Memahami Dasar Programming

Sebelum anda ingin menguasai pemrograman, tentu anda harus mencari tahu apa yang sebenarnya ingin anda kerjakan. Anda harus mencari tahu dan mengerti apa yang dimaksud dengan programming dan apa tujuan dari programming.

Dengan mengetahui dasar-dasar dan tujuan programming tentu akan lebih mudah untuk belajar dan memahami programming itu sendiri.

BACA JUGA: Lulus Kuliah Mau Jadi Perwira TNI? Simak Deretan Persyaratannya 

2. Ikuti Modul dan Tutorial yang Detail

Bagi para pemula modul dan tutorial adalah hal yang dapat membantu untuk memahami pemrograman. Cara cepat menguasai bahasa pemrograman adalah dengan mengikuti berbagai tips dan tutorial dari sumber yang terpercaya.

Pastikan juga anda menemukan tutorial yang lengkap dan menjelaskan dengan detail langkah demi langkah yang jelas.

3. Perbanyak Praktek

Cara menguasai bahasa pemrograman yang efektif adalah dengan melakukan banyak latihan dan praktek. Belajar pemrograman tidak hanya sekedar mengetahui teori yang tepat. Namun bagaimana mengaplikasikannya dalam dunia nyata. Semakin banyak berlatih tentu kemampuan akan semakin meningkat.

4. Buat Kelompok Belajar

Bagi sebagian orang belajar sendiri rasanya kurang efektif karena tidak ada orang yang bisa diajak untuk berdiskusi. Maka buatlah kelompok belajar bersama teman-teman dan ajak satu senior yang mampu mengajarkan materi programming dengan baik.

Jangan lupa untuk berdiskusi dan mencari tahu kelemahan apa yang dimiliki sehingga tidak mampu menguasai programming dengan baik.

5. Disiplin dalam Belajar

Tips mempelajari bahasa pemrograman bagi mahasiswa IT adalah dengan disiplin dalam belajar. Pastikan saat sedang belajar tidak ada gangguan apapun sehingga belajar tetap fokus. Dengan belajar setidaknya satu jam sehari tentang programming, tentu pengetahuan akan semakin meningkat. Buat jadwal belajar dan pastikan mengikuti jadwal yang sudah dibuat tersebut.

Itulah 5 tips yang bisa digunakan untuk belajar pemrograman dengan mudah dan efektif. Selamat mencoba.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini