Akademisi IPB University Berbagi Tips agar Tidak Terpapar Hoaks

Neneng Zubaidah, Koran SI · Rabu 25 Agustus 2021 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 65 2460744 akademisi-ipb-university-berbagi-tips-agar-tidak-terpapar-hoaks-k67DT2L6n3.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI dan Siber Kreasi kembali menyelenggarakan serial webinar literasi digital. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Program Nasional Literasi Digital Indonesia Makin Cakap Digital yang ditargetkan dilaksanakan di seluruh Indonesia yang mencakup 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota.

Adi Firmansyah, MSi, peneliti IPB University dari Pusat Kajian Resolusi Konflik (CARE) IPB University yang menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan ini berbagi tips agar masyarakat terhindar dari paparan hoaks.

 Baca juga: Kemenkes: Hoaks Terkait Vaksin Ada 1.300, Jadi Tantangan Sosialisasi

Menurutnya, agar dapat terhindar dari hoax dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain berhati-hati dengan judul berita provokatif, selalu mencermati alamat situs dan memeriksa kebenaran faktanya.

“Kita juga perlu memeriksa foto di dalam berita tersebut, bagi masyarakat, jangan segan untuk melaporkan berita atau informasi yang terindikasi hoax ke media yang disediakan oleh Kemkominfo,” ujar Adi melalui siaran pers.

Baca juga:  Ibu Terpapar Covid-19 Tidak Boleh Menyusui Bayinya, Dokter: Ini Hoaks Terbesar

Selanjutnya, Adi mengatakan, masyarakat perlu memiliki kompetensi literasi digital agar terhidar dari hoax. Ia menjelaskan bahwa kompetensi literasi digital yang dimaksud mencakup kemampuan masyarakat untuk mengakses informasi, menyeleksi, memahami, menganalisis, memverifikasi, mengevaluasi, mendistibusikan, memproduksi, berpartisipasi dan berkolaborasi.

“Ada sebagian masyarakat, ketika mendapat maupun mengakses informasi langsung mendistribusikan, tanpa melakukan seleksi, analisis, evaluasi dan sebagainya. Inilah salah satu penyebab kenapa begitu mudah berita hoax tersebar dengan cepat,” kata Adi. (din)

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini