Share

5 Mahasiswa Ini Sulap Limbah Kulit Mangga Jadi Masker Wajah

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 21 Agustus 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 21 65 2458961 5-mahasiswa-ini-sulap-limbah-kulit-mangga-jadi-masker-wajah-M66gs6l3BN.jpg foto: istimewa

MALANG - Lima orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berinovasi mengolah sampah kulit mangga menjadi sebuah masker wajah. Inovasi yang dibuat UMM ini berkaca pada banyaknya kulit mangga yang terbuang. Padahal dalam limbah kulit mangga terdapat banyak manfaatnya.

Banyak masyarakat yang menyukai buah mangga. Sayangnya, setelah habis, kulitnya langsung dibuang begitu saja. Padahal ada banyak manfaat dari limbah kulit mangga.

Baca juga:  Mahasiswa Ini Ciptakan Alat Pelacak Pencegah Kekerasan Anak

Dari sanalah, akhirnya kelima mahasiswa UMM, yakni Nabilah Hanuun Haniiifah, Mega Amelia Tri Adinda, Novia Parameswari Putri, dan Dita Ayu Novitasari, mencoba mengolah dan memanfaatkan limbah tersebut menjadi sebuah masker wajah. Kelimanya pun mengolah kulit - kulit mangga yang menjadi limbah sebagai masker.

Ketua tim Elvira Putri menjelaskan, ada beberapa tahap yang harus dilalui untuk mengubah limbah kulit mangga, menjadi produk masker wajah. Pertama yakni mengumpulkan limbah kulit mangga yang kemudian dicuci dan dikeringkan.

Baca juga:  Cegah Penularan Covid-19, Mahasiswa Ini Ciptakan Uang Elektronik

Selanjutnya, harus melalui proses ekstraksi kulit. Tidak cukup sampai di situ, hasil dari ekstraksi lalu masuk pada proses produksi formula masker hingga berakhir pada uji pengukuran pH (power of hidrogen) agar sesuai dengan pH kulit wajah.

“Tahap pengujian pH ini sangatlah penting agar tidak terjadi iritasi pada wajah saat menggunakannya. Pun agar konsumen merasa nyaman dengan masker tersebut,” ucap Elvira, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (21/8/2021).

Follow Berita Okezone di Google News

Menurutnya, kandungan dari olahan limbah kulit mangga kaya akan antioksidan yang baik bagi kulit. Inilah yang membuat kulit mangga bisa dijadikan masker wajah agar melindungi kulit terhindari dari noda.

"Kami menilai akan sayang jika limbah kulit mangga ini tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Terdapat berbagai kandungan yang mampu membersihkan dan merawat kulit agar lebih sehat. Di samping itu juga dapat mencegah noda yang akan merusak kulit,” beber mahasiswa kelahiran Lumajang ini.

Saat ini olahan masker limbah mangga yang dikemas dengan produk Mango Mask Dream, siap dikemas dan dipasarkan ke masyarakat luas.

"Pemasarannya memanfaatkan platform media sosial, baik itu Whatsapp maupun Instagram. Harga masker wajah ini dipatok dengan harga sekitar Rp 20.000 untuk satu produknya," tuturnya.

Ke depannya, ia dan tim ingin agar ide PKM ini bisa terus berkembang dan menjadi usaha yang strategis.

Ia mengatakan bahwa mereka berharap usaha ini mampu bersaing dengan produk lokal atau bahkan produk internasional lainnya. Apalagi mengingat produk ini adalah hasil olahan limbah yang tidak banyak orang mengetahui manfaatnya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini