DPR Minta PTN Setop Rekrut Mahasiswa Sebanyak-banyaknya

Antara, · Jum'at 13 Agustus 2021 06:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 65 2454901 dpr-minta-ptn-setop-rekrut-mahasiswa-sebanyak-banyaknya-TZMMCr2cH8.jpg Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda (Foto: Antara)

JAKARTA - Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Syaiful Huda meminta agar perguruan tinggi negeri (PTN) menghentikan praktik merekrut mahasiswa sebanyak-banyaknya.

“Model PTN merekrut mahasiswa sebanyak-banyaknya harus dihentikan, karena meninggalkan tradisi yang sudah diukir masing-masing kampus negeri. Tidak memaksimalkan PTN yang memiliki fungsi sebagai pusat keunggulan,” ujar Huda dalam webinar “Seleksi Ujian Mandiri PTN, Buat Gaduh Penerimaan Mahasiswa Baru PTS, Retorika atau Kenyataan?” yang dipantau di Jakarta, Kamis (12/8/2021).

Baca Juga:  Tips Seleksi Mandiri PTN, Ketua LTMPT: Sesuaikan Prodi dengan Kemampuan

Dia menambahkan, hubungan yang terjadi antarkampus negeri saat ini dalam kondisi yang tidak sehat. Pasalnya, masing-masing PTN berlomba-lomba merekrut mahasiswa sebanyak-banyaknya.

Seharusnya, lanjut dia, semangat antarkampus negeri tidak lagi pada kompetisi. Akan tetapi semangatnya bagaimana kampus satu dan lainnya, mengembangkan dan menguatkan sentra unggulan progam studi tertentu.

“Keunggulan program studi tersebut dikolaborasikan dengan kampus lain. Jadi, semangatnya kolaboratif, bukan kompetitif. Jika sifatnya kompetitif seperti saat ini, tidak baik bagi ekosistem pendidikan tinggi kita,” terang dia.

Huda juga menekankan bahwa pemerintah perlu menjadikan perguruan tinggi swasta (PTS) sebagai mitra dan elemen penting dalam transformasi pendidikan tinggi di Tanah Air.

“Saat ini, PTN semangatnya mengambil ceruk, mengambil ruang yang semestinya ruang PTS. Jadi, semakin carut-marutlah dunia pendidikan kita. Semestinya hal itu tidak terjadi,” imbuh dia.

Baca Juga:  10 Prodi dengan Keketatan Tertinggi Saintek dan Soshum SBMPTN di UNS

Huda mengatakan, pemerintah perlu membuat peta jalan yang objektif untuk pengelolaan PTS, sehingga tumbuh ekosistem di pendidikan tinggi yang adil di PTN maupun PTS. Pemerintah juga perlu memberikan afirmasi kebijakan yang kuat untuk PTS seperti memberikan anggaran untuk PTS.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini