Share

Bagaimana Definisi Guru yang Berkualitas?

Komaruddin Bagja, Sindonews · Kamis 12 Agustus 2021 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 65 2454471 bagaimana-definisi-guru-yang-berkualitas-4A7vFg9w0w.jpg (Foto: Ant)

JAKARTA - Guru memiliki peran yang sangat vital. Guru merupakan penentu dari kualitas pendidikan. Untuk itu, guru pun harus berkualitas agar pendidikan menjadi berkualitas.

"Guru yang berkualitas sangat penting untuk pendidikan," ungkap penggiat bahasa asing, Marissa Anita dalam sebuah webinar di Jakarta, Kamis (12/8/2021).

Menurutnya, guru berkualitas adalah guru yang bisa mentransfer ilmu dengan baik kepada anak didiknya. "Diharapkan guru-guru lebih banyak yang berkualitas untuk negeri," kata dia.

Baca juga: KM Tidar Dijadikan Tempat Isoter Covid-19 di Papua


Baca juga: Sempat Viral Disebut Mirip Toren Air, Gubernur Banten Gelar Sayembara Desain Tugu Pamulang

Dirinya menambahkan, bagi seorang murid, guru yang baik adalah yang dapat berbagi ilmu.

"Cara guru mengajar cara mereka transfer ilmu, guru yang memberikan konteks adalah guru yang memudahkan. Mengajar yang baik, dimaksudkan dalam konteksnya. Mengajar sejarah misalnya, ketika fokusnya hanya hafal, tidak masuk di logika saya. Saya harus tahu kenapa saya harus belajar itu?" tambahnya.

Dia juga mencontohkan, jika seseorang tengah belajar bahasa Inggris misalnya, diharapkan sang guru bisa lebih memberikan konteksnya.

"Belajar, misal tata bahasa Inggris, itu dimasukkan ke dalam konteks, misalnya, 'Marisa coba makanan paling aneh apa yang kamu makan?' Ketika ada konteksnya lebih mudah sehingga pembelajaran lebih menyenangkan," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini