11.408 Pelajar di Tangerang Divaksin Dosis Pertama

Antara, · Selasa 03 Agustus 2021 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 65 2450233 11-408-pelajar-di-tangerang-divaksin-dosis-pertama-iVBabcNTkL.jpg Siswa saat divaksin (foto: Uchealt)

TANGERANG - Sebanyak 11.408 pelajar berusia 12 sampai dengan 17 tahun yang terdaftar di Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Tangerang, Banten, telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Kabupaten Tangerang, Saefullah menjelaskan bahwa umumnya pelajar sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) tersebut sudah menerima vaksin, guna mendapat kekebalan kelompok, seperti yang diharapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

"Untuk total pelajar di Kabupatrn Tangerang, baik dari swasta atau negeri, jumlah total sasaran ada 214.000 orang, tetapi saat ini baru mencapai 9.267 orang untuk pelajar SMP sedangkan pelajar SMA sebanyak 2.141 orang," katanya.

Baca juga:  Besok, Kota Bekasi Mulai Gelar Vaksinasi Massal Khusus Pelajar SMP

Ia mengatakan, untuk percepatan vaksinasi terhadap pelajar ini ditargetkan minimal mencapai 80 persen dari total sasaran sebanyak 214.000 pelajar, dengan koordinasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang.

Selain itu, pada pelaksanaan pemberian vaksin pelajar tersebut pihaknya melakukannya di beberapa sekolah dengan terjadwal dan juga di puskesmas-puskesmas yang tersebar di setiap kecamatan.

 Baca juga: Vaksinisasi Covid-19, Kota Bekasi Daftarkan 93 Ribu Pelajar SMP

"Kalau untuk pelaksanaannya sendiri sebenarnya kami ingin melakukan secara serentak di semua sekolah yang ada, agar semua merata dapat mencapai target sesuai yang ditentukan, tetapi kondisinya ada keterbatasan tenaga kesehatan. Jadi kita sesuaikan dengan jadwal di masing-masing puskesmas," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, dengan dilakukannya vaksinasi terhadap para pelajar itu dimaksudkan untuk mempercepat proses pelaksanaan belajar secara tatap muka di tengah pandemi Covid-19 sesuai syarat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

"Sesuai arahan dari Mendikbudristek bahwa sekolah dapat dibuka apabila guru dan siswanya telah menerima vaksinasi, dengan menyesuaikan kondisi wilayah masing-masing tentang zona pandeminya," ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang telah menggelar gebyar vaksinasi pelajar usia 12 hingga 17 tahun perdana pada 20 Juli 2021 di SMPN 2 Tigaraksa.

Pemerintah setempat menargetkan sebanyak 80 persen pelajar di daerah itu untuk mendapat suntikan vaksin, guna segera mendapatkan kekebalan tubuh secara merata pada saat dilaksanakannya pembelajaran tatap muka.

"Untuk total jumlah sekolah yang berada di bawah naungan dinas pendidikan itu SMP negeri total ada 89 sekolah, SMP swasta 147 sekolah. Kemudian SD negeri ada 747 sekolah dan SD swastanya ada 1100 sekolah," kata dia. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini