Pandemi Covid-19, Mahasiswa UNAIR Temukan Inovasi SANTET

Tim Okezone, Okezone · Senin 02 Agustus 2021 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 65 2449449 pandemi-covid-19-mahasiswa-unair-temukan-inovasi-santet-bV5oNeJ8yg.jpg Santet Unair (foto: Dok Unair)

JAKARTA - Tiga mahasiswa Manajemen Perhotelan Universitas Airlangga (Unair) membuat inovasi hand sanitizer dalam bentuk sachet, atau mereka menyebutnya SANTET. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Elvira Therxlora, Offa NidyaSari, dan Anis Veranika.

Hal itu dilakukan ketiga mahasiswa karena pandemi Covid-19 menuntut untuk selalu menjaga kebersihan agar mengurangi tertularnya virus, tentunya setelah taat prokes. Salah satu cara menjaga kebersihan adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Namun ada kalanya saat berada di suatu tempat yang tidak terjangkau air, dibutuhkan hand sanitizer sebagai pengganti.

Baca juga: Persiapan Blended Learning, Ribuan Mahasiswa UNAIR Vaksinasi Massal

Menurut Elvira, banyak masyarakat yang kurang peduli dengan kebersihan diri karena belum terbiasa dengan membawa serta menggunakan hand sanitizer, apalagi dalam bentuk kemasan besar.

“Untuk itu kami berinovasi dengan membuat hand sanitizer praktis, tidak membuat kantong kering, dan tetap dapat digunakan untuk menjaga kebersihan diri,” ujar Elvira seperti dikutip dari unair.ac.id, Senin (2/8/2021).

Baca juga:  Mahasiswi Unair Ciptakan Kukis dari Cangkang Telur Pencegah Osteoporosis

Inovasi Hand Sanitizer Sachet merupakan produk di bidang kesehatan yang melalui proses pengemasan kembali dengan tujuan agar dapat digunakan dan dibawa dengan fleksibel. Dalam satu box terdapat 20 sachet, dengan berat isi 3ml. Satu kemasan dapat digunakan untuk 2-3 kali pemakaian dan dikemas dengan kemasan yang ramah lingkungan. Untuk harga sendiri dibandrol dengan Rp 15.000 saja.

Elvira mengatakan, untuk tidak khawatir dengan higienitas produk hand sanitizer sachet ini karena saat pengemasan menggunakan alat dan bahan yang steril.

“Kami juga tetap menggunakan peralatan sesuai dengan protokol kesehatan seperti halnya face shield, hand glove, dan peralatan untuk repackaging kami steril-kan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Untuk kandungan dari hand sanitizer sachet ini Elvira dan tim masih menggunakan produk lain. Namun kedepan, ia dan tim ingin mengembangkan hand sanitizer dengan bahan yang diracik sendiri.

“Sementara ini kita pakai produk lain karena tentunya cukup sulit untuk pembuatan hand sanitizer sendiri dengan pengajuan BPOM, apalagi di masa pandemi seperti ini,” papar mahasiswa Manajemen Perhotelan tersebut.

SANTET merupakan inovasi baru dalam penggunaan hand sanitizer yang lebih ekonomis, simpel, dan inovatif. Dengan adanya SANTET dapat mempermudah dalam pengaplikasian hand sanitizer pada masyarakat. Selain itu dapat menjadi terobosan baru dan bermanfaat bagi banyak kalangan selama masa pandemi Covid-19. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini