Tangani Covid-19, Ketua Forum Rektor Indonesia: Kedepankan Nilai-Nilai Kemanusiaan

Tim Okezone, Okezone · Selasa 27 Juli 2021 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 65 2446567 tangani-covid-19-ketua-forum-rektor-indonesia-kedepankan-nilai-nilai-kemanusiaan-Fkz3xW73ai.jpg Rektor IPB University, Prof Arif Satria (foto: ist)

JAKARTA - Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) dan juga Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB University), Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si mengatakan, pandemi Covid-19 telah mengakibatkan terjadinya krisis multi-dimensional yang memunculkan berbagai persoalan dan tantangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, baik di aras lokal, nasional maupun global, juga di berbagai bidang termasuk bidang Kesehatan, pendidikan, sosial, ekonomi, politik dan keamanan.

"Kami mengapresiasi kerja keras Bapak Presiden beserta jajaran kabinet Indonesia Maju untuk mengatasi pandemi Covid-19 ini," kata Arif Satria saat sambutan di Konferensi Forum Rektor Indonesia, Konvensi Kampus XXVII dan Temu Tahunan XXIII, Selasa (27/7/2021).

Baca juga:  Pemerintah Tak Bisa Kerja Sendirian, Mensos: Selama Ada Semangat Gotong Royong dan Peduli Tak Perlu Takut Bangsa Ini Runtuh

Kata Arief, FRI menyadari bahwa penanganan pandemi Covid-19 sebagai krisis multi-dimensi tidaklah mudah, diperlukan keterpaduan visi dan kolaborasi lintas-pihak dan sektor.

"Oleh karena itu, FRI mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dalam penanganan pandemi ini. Keselamatan seluruh rakyat Indonesia harus menjadi pusat-orientasi dan titik-tuju semua ikhtiar yang dilakukan. FRI mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengesampingkan kepentingan pribadi, kepentingan golongan maupun kepentingan ekonomi-politik sempit yang dapat menghambat penanganan pandemi ini," sambungnya.

Baca juga:  Pengusaha Asal Aceh Sumbang Rp2 Triliun untuk Penanganan Covid-19 di Sumsel

Guna percepatan dan efektivitas penanganan pandemi Covid-19 yang bersifat multidimensi tersebut, sambung dia, FRI mengharapkan Presiden Joko Widodo berkenan untuk memimpin langsung orkestrasi lintas-pihak dan lintas-sektor dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional.

"FRI juga berpandangan bahwa pengambilan kebijakan publik dalam penanganan pandemi Covid-19 harus dilakukan berbasis pada ilmu pengetahuan (scientific/evidence based policy), terutama dalam upaya mengatasi berbagai permasalahan dampak pandemi, sehingga dapat memberikan jaminan perlindungan kesehatan dan keselamatan masyarakat sekaligus mampu menjalani kehidupan ekonomi dan sosial dengan baik," pungkasnya. (din)

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini