Rektor : UGM Komitmen Berkontribusi Nyata Dalam Penanganan Covid-19

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 24 Juli 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 24 65 2445334 rektor-ugm-komitmen-berkontribusi-nyata-dalam-penanganan-covid-19-UU5IKMD038.jpg foto: istimewa

SLEMAN - Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng., menyampaikan pernyataan sikap UGM terkait penguatan solidaritas dan ke-gotong-royong-an menghadapi Covid-19.

Hal ini dilakukan sebagai respons terhadap situasi Covid-19 yang masih berlangsung, serta berbagai kebijakan Pemerintah Pusat dalam penanganan pandemi dan “Sapa Aruh dan Maklumat Rakyat” yang disampaikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

“Universitas Gadjah Mada berkomitmen untuk terus berkontribusi nyata dalam penanganan Covid-19 melalui peningkatan kapasitas layanan kesehatan, bekerja sama dengan para mitra dan KAGAMA,” papar Rektor seperti dikutip dari ugm.ac.id, Sabtu (24/7/2021).

Baca juga: Ratusan Mahasiswa UGM Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Hutan

Rektor mengungkapkan, sebagai wujud komitmennya UGM telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung penanganan pandemi, di antaranya melalui penguatan Rumah Sakit Akademik UGM dan RSUP Dr. Sardjito, penyediaan pasokan oksigen, pelipatgandaan kemampuan laboratorium, pengoperasian selter isolasi bagi warga UGM dan masyarakat luas, dan percepatan program vaksinasi

Ia melanjutkan, UGM mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kerja keras dan pengorbanan seluruh tenaga kesehatan, dokter, perawat, laboran, petugas kamar jenazah, petugas pemakaman dan petugas-petugas lainnya, yang tanpa kenal lelah merawat dan mengurus para penyintas dan korban meninggal karena Covid-19.

 Baca juga: PPKM Diperpanjang, Sosiolog UGM : Bantuan Keluarga Miskin Harus Jadi Perhatian Khusus

Rektor juga menyatakan dukungan UGM terhadap Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam mengimplementasikan kebijakan secara efektif, konsisten, dan akuntabel untuk memastikan penurunan angka penularan dan kematian, penguatan kapasitas layanan kesehatan, percepatan vaksinasi, dan penyaluran bantuan sosial kepada kelompok terdampak.

UGM terus memperkuat sikap dan tindakan solidaritas sosial dan ke-gotong-royong-an dalam menanganani situasi krisis pandemi melalui mobilisasi filantropi dan kedermawanan seluruh pihak, baik individu, komunitas, maupun pengusaha, untuk bersinergi menangani pandemi, dan meminta kepada setiap individu dan masyarakat luas untuk semakin berdisiplin dalam protokol kesehatan. (din)

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini