UGM Siapkan 12 Ribu Vaksin Covid-19 untuk Mahasiswa

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 24 Juli 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 24 65 2445330 ugm-siapkan-12-ribu-vaksin-covid-19-untuk-mahasiswa-er1kY4cUgB.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

SLEMAN - Wakil Rektor UGM Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset, Prof. Dr.Ir. Bambang Agus Kironoto, menerangkan bahwa saat ini Rumah Sakit Akademik (RSA) dan Gadjah Mada Medical Center melayani vaksinasi bagi masyarakat umum, melalui koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

UGM juga menyiapkan setidaknya 12 ribu vaksin bagi mahasiswa UGM, terutama bagi mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan praktikum atau kuliah lapangan serta mahasiswa asing, juga 15 ribu vaksin bagi keluarga dosen dan tenaga kependidikan UGM.

“Di samping itu FK-KMK juga mempunyai dukungan vaksin dari Dinas Kesehatan yang bisa dimanfaatkan untuk warga masyarakat,” ucap Bambang seperti dikutip dari ugm.ac.id, Sabtu (24/7/2021).

Baca juga:  Ratusan Mahasiswa UGM Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Hutan

UGM juga telah menyiapkan delapan selter penanganan Covid-19 di berbagai lokasi yang dapat menampung hingga 1.226 pasien.

Sejumlah selter seperti selter Asrama Darmaputera Baciro, Wisma KAGAMA, dan Hotel University Club telah menampung ratusan pasien kategori ringan, sementara selter lainnya disiapkan untuk dapat menampung pasien jika terjadi lonjakan kasus.

Baca juga:  Departemen Teknologi UGM Bantu Produksi Peti Jenazah Covid-19

Merespons meningkatnya kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19, UGM juga terus berupaya untuk menyediakan pasokan oksigen melalui koordinasi dengan para mitra dan alumni.

Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK), Prof.dr. Ova Emilia, M.Med., PhD., SpOG(K), menyebut bahwa selain upaya penanganan pasien, upaya-upaya pencegahan di hulu melalui penerapan protokol kesehatan menjadi hal yang krusial.

Karenanya, ia mengharapkan peran serta masyarakat serta instansi pendidikan untuk bersinergi dalam mengupayakan penanganan pandemi.

“Harapannya dengan dukungan UGM terhadap apa yang sudah dilakukan ini juga akan memberikan dorongan bagi instansi pendidikan lain khususnya di DIY untuk juga memberikan kontribusi nyata membantu masyarakat untuk penanganan di hulu,” kata Ova. (din)

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini