Ratusan Mahasiswa UGM Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Hutan

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 23 Juli 2021 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 65 2444866 ratusan-mahasiswa-ugm-ikuti-vaksinasi-covid-19-di-hutan-VNKSKTPoBO.jpg Mahasiswa UGM vakasin di hutan mini (foto: Dok UGM)

JAKARTA - Sebanyak 500 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dari jenjang sarjana, magister, dan doktor mengikuti program vaksinasi Covid-19 yang diadakan oleh Fakultas Kehutanan di Arboretum Fakultas Kehutanan UGM, Jumat (23/7/2021).

Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng., menuturkan kegiatan hari ini merupakan vaksinasi pertama dengan bantuan Bupati dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman yang ditujukan untuk mahasiswa UGM.

Baca juga: Departemen Teknologi UGM Bantu Produksi Peti Jenazah Covid-19

UGM sendiri, menurut Panut, sudah mengajukan sekitar 25.000 vaksin kepada Kemenkes, namun turunnya secara bertahap sehingga dipilih yang paling membutuhkan.

“Untuk menjaga kesehatan adik-adik mahasiswa yang sudah mulai melakukan kegiatan di luar kampus, mereka harus mempunyai rasa aman. Prioritasnya adalah mahasiswa yang mengikuti kegiatan di luar kampus, mahasiswa yang mengikuti praktikum di laboratorium, serta mahasiswa asing UGM,” ujar Panut seperti dilansir dari ugm.ac.id.

Baca juga:  PPKM Diperpanjang, Sosiolog UGM : Bantuan Keluarga Miskin Harus Jadi Perhatian Khusus

Menurutnya, dipilihnya Fakultas Kehutanan UGM karena banyak mahasiswanya yang melakukan aktivitas secara mobile dan akan diikuti oleh fakultas-fakultas lain.

“Rekan-rekan dekan membuat koordinasi di tingkat fakultas. Teman-teman dekan mempunyai inisiasi sesuai kebutuhan untuk para mahasiswanya. Fakultas Kehutanan kan mahasiswanya mobile, di luar, jadi harus aman sehingga Pak Dekan punya inisiatif lebih awal,”kata Panut.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kehutanan UGM, Dr. Widyanto Dwi Nugroho, S.Hut., M.Agr.Sc., menambahkan, bahwa vaksinasi Covid-19 hari ini dilaksanakan di Arboretum atau Hutan Mini Fakultas Kehutanan UGM untuk mengingatkan kepada kita bahwa pabrik oksigen adalah hutan.

“Memang kami dari Fakultas Kehutanan mengingatkan bahwa pabrik oksigen adalah hutan. Produsen oksigen dimana oksigen sekarang banyak dicari. Jadi, kita harus merawat hutan itu agar kita bisa tetap menikmati oksigen,” terangnya.

Widy menyampaikan, bahwa Fakultas Kehutanan UGM akan mengadakan program vaksinasi kedua yang rencananya akan diadakan bulan depan.

“Ini adalah tahapan pertama, untuk 28 hari lagi mudah-mudahan vaksinasi kedua bisa berjalan dengan lancar. Setelah itu, beberapa mahasiswa kami, yang berjumlah sekitar 1.200 mahasiswa akan mendapatkan jatah vaksin yang serupa. Mudah-mudahan akan kami lakukan lagi untuk mahasiswa yang belum memiliki kesempatan untuk vaksin,” jelasnya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini