Presiden Jokowi Janji ke Siswa Bakal Buka Sekolah Jika Covid Melandai

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 14 Juli 2021 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 65 2440442 presiden-jokowi-janji-ke-siswa-bakal-buka-sekolah-jika-covid-melandai-sz71krdvYI.jpg Presiden Joko Widodo (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendengarkan curahan hati (curhat) siswi SMAN 1 Tanjugpinang, Kepulauan Riau (Kepri), yang sudah kangen mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM). Selama ini, mereka sekolah secara daring karena pandemi Covid-19 belum berlalu.

Momen tersebut terlihat saat Jokowi menyapa secara virtual peserta pelajar SMP dan SMA yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19.

"Apa ada kemungkinan pembelajaran tatap muka, Pak? Karena rindu belajar di sekolah, kerja kelompok, presentasi kadang-kadang gangguan jaringan, putus-putus," ujar Ayu, siswi SMAN 1 Tanjungpinang bertanya ke Jokowi, Rabu (14/7/2021).

Baca juga: Tahun Ajaran Baru, Siswa Ini Cari Sinyal di Sungai untuk Belajar Daring

Jokowi pun menjawab, sebelumnya pemerintah telah memutuskan bahwa PTM akan mulai digelar pada Juli 2021. Namun sayang kebijakan itu urung terlaksana lantaran terjadi lonjakan kasus Covid-19.

"Jadi gini masih pandemi, memang kemarin rencana bulan Juli belajar tatap muka, tapi karena penyebaran virus meningkat sehingga rencana itu ditunda dulu," ucap Jokowi.

Baca juga:  Yuk Simak Lagi Kebijakan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru di Masa Pandemi

Kepala Negara memahami banyak siswa yang sudah tak sabar ingin kembali ke sekolah dan bertemu teman-temannya. Namun ia meminta penundaan PTM ini bisa dipahami bersama lantaran pandemi belum bisa dikendalikan sepenuhnya.

"Memang saya mendengar anak-anak sudah ingin kembali sekolah tatap muka, pengen ketemu teman-temannya, pengen belajar kelompok, pengen ketemu guru, semua punya keinginan seperti itu tapi kita semua harus hati-hati karena penyebaran Covid-19 masih terjadi, tidak hanya di negara kita tapi juga negara lain di seluruh dunia," tuturnya.

"Sehingga kita rem dulu untuk belajar tatap muka, kalau Covid sudah mereda nanti kita bolehkan tatap muka di sekolah di Tanah Air, yang penting Ayu dan teman-teman terus belajar jangan kendor kalau ada yang mau ditanyakan silakan tanya ke bapak ibu guru," pungkas Jokowi.

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini