Siswa Pendaftar ke SD dan SMP Negeri Masih Minim

Adi Haryanto, Koran SI · Selasa 13 Juli 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 65 2440049 siswa-pendaftar-ke-sd-dan-smp-negeri-masih-minim-e2fENx7hoP.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

CIMAHI - Siswa yang mendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini di Kota Cimahi masih minim. Bahkan dari kapasitas sekolah jenjang SD dan SMP negeri yang ada jumlahnya masih di bawah kuota yang tersedia.

Data dari Dinas Pendidikan Kota Cimahi, jumlah pendaftar untuk jenjang SD ada sekitar 5.800 siswa. Sementara kapasitas yang ada bisa menampung sampai 8.000 siswa. Sementara pendaftar ke SMP ada 7.362 siswa, padahal lulusan SD ada sebanyak 8.400 siswa.

"Siswa pendaftar ke SD dan SMP memang masih jauh dari kuota yang tersedia. Kita masih cari tahu penyebabnya, kenapa ada penurunan," terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono, Selasa (13/7/2021).

Baca juga:  Pemprov DKI Ingatkan Orangtua Tidak Pilih-Pilih Sekolah Negeri

Dia membandingkan, tahun lalu saja untuk tingkat SD ada sebanyak 6.000 lebih siswa pendaftar. Sementara untuk tahun ini di jenjang SMP ada 7.362 pendaftar dan sekitar 1,5% di antaranya tidak memenuhi persyaratan. Atau sekitar 7.100 siswa saja yang memenuhi syarat.

Mengacu kepada angka lulusan SD yang mencapai 8.400 siswa dan pendaftar ke SMP, maka ada selisih sekitar 1.200 lebih anak yang belum diketahui apakah mendaftar atau tidak. Atau bisa saja mereka sudah mendaftar ke SMP di daerah lain atau langsung ke swasta.

"Kemungkinan itu bisa saja, mengingat ada beberapa daerah yang belum ada sekolah negeri, khususnya jenjang SMP," sebutnya.

Dirinya tidak berharap, sedikitnya pendaftar ini dikarenakan ada anak yang menunda melanjutkan sekolah atau bahkan tidak melanjutkan imbas dari pandemi Covid-19. Sebab bagaimanapun anak tetap harus menyelesaikan wajib belajar mereka minimal hinggga sekolah menengah atas.

"Ada kekhawatiran sedikitnya pendaftar ini karena siswa enggan sekolah ditengah dituasi COVID-19. Tapi kita akan lihat siswa yang mendaftar ke sekolah swasta, karena bisa jadi mereka daftarnya ke swasta langsung," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini