Kuota 6.141 Mahasiswa, Pendaftaran Program Pascasarjana UGM Masih Dibuka Sampai 6 Juli

Neneng Zubaidah, Koran SI · Kamis 01 Juli 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 65 2433970 kuota-6-141-mahasiswa-pendaftaran-program-pascasarjana-ugm-masih-dibuka-sampai-6-juli-DgnUr50e4o.jpg Kampus UGM.

JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) masih membuka pendaftaran seleksi calon mahasiswa jenjang magister dan doktoral. Gelombang 1 pendaftaran relah dibuka pada 26 April hingga 17 Mei 2021, sementara gelombang 2 yang dibuka pada 31 Mei masih berlangsung dan akan berakhir pada 6 Juli 2021.

Pendaftaran kuliah S2 dan S3 UGM cukup dilakukan secara online dengan cara mengunggah berkas dokumen ijazah dan sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris dan sertifikat Tes Potensi yang masih berlaku. Setelah itu berkas akan diseleksi dan pengumuman hasil seleksi pada 26 Juli 2021 pukul 22.00 WIB.

BACA JUGA: 20 Universitas di Indonesia Terbaik Versi Webometrics 2021, UGM Juara 1

“Pendaftaran dilakukan secara online, kemudian dilakukan verifikasi dan seleksi berdasar dokumen. Di beberapa program studi ada tes substantif,” kata Sekretaris Bidang Teknologi Informasi dan Administrasi Akademik, Direktorat Pendidikan dan Pengajaran (DPP) UGM, Dr. Sigit Priyanta dilansir dari laman resmi UGM di ugm.ac.id, Kamis (1/7/2021).

Sigit menyebutkan bahwa untuk tahun ini program pascasarjana UGM menyediakan kuota sebanyak 6.141 orang. Adapun program studi yang membuka pendaftaran pada semester gasal terdiri 93 Program Magister, 50 Program Doktor, 26 Prodi Spesialis: dan 4 Prodi Subspesialis.

Untuk mengetahui lebih jauh prodi yang menjadi minat dan pilihan sebelum mendaftar serta mencari informasi sumber beasiswa, Sigit menyarankan calon peserta proaktif mencari informasi dan mengajukan beasiswa secara mandiri melalui laman lembaga pemberi beasiswa, misal beasiswa LPDP.

BACA JUGA: Tertarik Ikut Ujian Mandiri UGM? Ini Syarat dan Jadwalnya

“Untuk peserta yang mendapat beasiswa dinas dari instansinya, mereka telah lolos seleksi di internal instansinya. UGM juga memberikan informasi beasiswa melalui laman UGM,” katanya.

Menurut Sigit, salah satu daya tarik dan keunggulan program pascasarjana di UGM yakni kurikulum dirancang dengan pendekatan sangat komprehensif yang mempertimbangkan perkembangan terbaru dari ilmu dan teknologi terbaru, masukan dari stakeholder dan kebutuhan kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Selanjutnya prodi S2 dan S3 berstandar internasional dibuktikan dengan banyak program terakreditasi internasional dan didukung SDM baik dosen, tenaga kependidikan yang sangat kompeten di bidangnya.

“Selain itu dukungan teknologi informasi dalam proses pembelajaran, administrasi akademik dan sudah diadaptasi untuk kegiatan akademik dalam kondisi pandemi,” paparnya.

Sigit menyebutkan beberapa prodi favorit dengan peminat paling banyak sehingga tingkat persaingannya ketat. Prodi yang menjadi favorit adalah prodi Magister Manajemen, Magister Psikologi Profesi, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Magister Kenotariatan dan Magister Ilmu Kedokteran Klinis. 

Sedangkan untuk Program Doktor yakni Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Doktor Ilmu Komputer, Doktor Ilmu Politik, Doktor Ilmu Humaniora, Doktor Teknik Elektro, Doktor Ilmu Hukum.

Untuk mendaftar kuliah di UGM maka calon peserta membuka laman um.ugm.ac.id, dengan membuat akun pendaftaran terlebih dahulu melalui tautan: https://um.ugm.ac.id/pendaftaran.

Kemudian peserta mengisi data dan mengunggah dokumen sesuai prosedur dan persyaratan yang ada di laman tersebut. Setelah itu peserta mengunci data dan membayar biaya pendaftaran, kemudian mencetak bukti pendaftaran.

Sesuai persyaratan pendaftaran program pascasarjana UGM, peserta harus memiliki dan mengunggah dokumen pada saat pendaftaran online diantaranya adalah sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris dan sertifikat Tes Potensi yang masih berlaku

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini