UNJ Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Tulis, Berikut Cara Pendaftarannya

Neneng Zubaidah, Koran SI · Rabu 19 Mei 2021 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 65 2412457 unj-buka-penerimaan-mahasiswa-baru-jalur-mandiri-tulis-berikut-cara-pendaftarannya-A6FbA8fpSw.jpeg Kampus UNJ. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuka seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaba) Mandiri Tulis. Pendaftaran sudah dibuka mulai 17 Mei dan akan ditutup pada 2 Juli 2021 mendatang, berdasarkan informasi di Instagram resmi UNJ, @unj_official, Rabu (19/5/2021. 

Uji coba ujian tulis (daring) Penmaba Mandiri Tulis UNJ akan dilakukan pada 10 Juli 2021 pukul 09.00-11.30 WIB. Sedangkan ujian tulis (daring) pada 17 Juli 2021 pukul 09.00-11.30 WIB.

Pengumuman hasil ujian akan dilakukan pihak kampus pada 26 Juli 2021. Sementara jadwal pengisian data untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada 23 Juli sampai 3 Agustus 2021.

Baca juga: Adaptasi Era Pandemi, ITB Terapkan Kuliah Sistem Hybrid Semester Depan

Calon mahasiswa UNJ diharuskan melakukan pembayaran UKT dan registrasi pada 4 sampai dengan 13 Agustus 2021. Dilanjutkan dengan masa pengenalan akademik mahasiswa diploma dan sarjana pada 16 sampai 20 Agustus 2021. 

Awal perkuliahannya sendiri akan dimulai pada 23 Agustus. Untuk informasi selengkapnya bisa dilihat di laman penmaba.unj.ac.id/mandiri-ujian-tulis.

Baca juga: Ridwan Kamil: Pemuda, Hati-hati Pilih Karier di Era Industri 4.0!

Dilansir dari laman penmaba UNJ, berikut ini adalah cara pendaftaran untuk mahasiswa baru:

1. Membuat akun di situs pendaftaran.unj.ac.id dengan mengisi form isian Buat Akun Saya. Pastikan menggunakan alamat email dan hp yang benar dan aktif karena akan digunakan dalam pendaftaran penmaba ini.

2. Masuk ke dalam sistem dengan cara login di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah di daftarkan sebelumnya.

3. Memilih Jenis Kelompok Ujian dan Program Studi. Anda dapat memilih Kelompok : SAINTEK, SOSHUM, dan CAMPURAN. Kemudian Anda memilih program studi sesuai dengan yang anda inginkan. Terdapat keterangan berapa total biaya tagihan yang harus Anda bayar. Anda dapat merubah pilihan-pilihan tersebut sampai anda yakin dengan pilihan Anda. Jika anda sudah yakin tekan tombol simpan. Setelah Anda menekan tombol simpan, Anda tidak dapat merubah pilihan program studi, dan masuk ke tahapan selanjutnya.

4. Cetak tagihan. Anda akan diberikan tagihan dalam bentuk dokumen pdf. Pada dokumen tersebut, terdapat no. Tagihan yang dapat anda gunakan untuk melakukan pembayaran melalui Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda (cara pembayaran harap di lihat pada “Jadwal dan Cara Pembayaran”). Harap diperhatikan, setelah Anda mencetak tagihan, Anda diberi waktu paling lambat 3 hari untuk melakukan pembayaran. Jika Anda tidak melakukan pembayaran, Anda diharuskan melakukan kembali proses pemilihan kelompok ujian.

5. Unduh dan cetak Tagihan Pembayaran yang berisi Nomor Pembayaran dan Nominal yang harus dibayarkan untuk digunakan pada saat pembayaran.

6. Keluar dari sistem dengan klik tombol Logout (kanan atas).

7. Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan Nominal yang tertera pada Tagihan Pembayaran di Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda.

8. Masuk ke dalam sistem, login di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.

9. Isi data diri, orang tua dan sekolah. Isi nilai rapor dan unggah rapor beserta surat pernyataan keaslian rapor.

Bagi yang memilih program studi seni dan olah raga, unggah dokumen portofolio/keterampilan.

10. Mencetak kartu tanda peserta ujian PENMABA UNJ. 

Untuk informasi mengenai jenis ujian, cara pembayaran untuk masing-masing bank dan juga pilihan fakultas dapat dilihat di laman http://penmaba.unj.ac.id/mandiri-ujian-tulis/

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini