Antisipasi Penyebaran Korona, Kampus di Tangerang Terapkan Kuliah Online

Isty Maulidya, Okezone · Sabtu 14 Maret 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 14 65 2183418 antisipasi-penyebaran-korona-kampus-di-tangerang-terapkan-kuliah-online-bAg5ohJtFn.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

TANGERANG – Penyebaran virus korona (Covid-19) di sejumlah wilayah Indonesia membuat sejumlah perguruan tinggi di Tangerang mulai meliburkan perkuliahan tatap muka dan mengganti proses pembelajaran dengan metode daring (online) yang dilakukan di rumah masing-masing mahasiswa.

Salah satunya adalah Universitas Pelita Harapan di Karawaci, Tangerang akan melakukan uji coba dan mempersiapkan metode pembelajaran jarak jauh mulai Senin (16/3/2020) hingga Senin (23/3/2020). Setelahnya, metode pembelajaran jarak jauh akan dilakukan seluruh fakultas hingga 12 April 2020.

"Sementara, untuk praktik klinis, acara khusus terjadwal, laboratorium, dan kelas khusus masih berlanjut di kampus. Lalu semua karyawan akan bekerja di kampus seperti biasa," ujar Media Relation Section Head UPH, Rosse Hutapea, Sabtu (14/3/2020).

Tak hanya itu, seluruh kegiatan lain di luar perkuliahan, termasuk wisuda akan ditunda untuk sementara waktu hingga kondisi membaik.

"Jika kondisi membaik akan tetap dilaksanakan. Namun, bila kondisi belum membaik maka akan ditunda atau dibatalkan," kata Rosse.

Kebijakan serupa juga dilakukan Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Ujian tengah semester (UTS) yang seharusnya dilakukan pekan depan, akan dialihkan lewat ujian daring dari rumah mulai 16-28 Maret mendatang. Persiapan dan antisipasi juga sudah dilakukan sejak pekan lalu sehingga materi UTS pun sudah disiapkan. Setelah UTS selesai, mahasiswa UMN akan melakukan perkuliahan dengan metode daring.

Ilustrasi (Shutterstock)

"Berdasarkan surat keputusan rektor tentang pelaksanaan UTS dan perkuliahan semester genap 2019/2020, Rektor UMN memutuskan UTS pada 16-28 Maret dilakukan secara online dan perkuliahan mulai 30 Maret juga dilakukan secara online," kata Public Relation Universitas Multimedia Nusantara, Chininta Rizka Angelia

Sementara itu, Wakil Rektor II UMN Andrey Andoko menjelaskan, metode perkuliahan jarak jauh telah lama dilakukan UMN. Hanya saja, untuk kali ini metode kuliah jarak jauh dilakukan serempak di seluruh fakultas.

“Sebenarnya UTS dan perkuliahan secara online bukan hal baru di UMN, karena sudah sering digunakan dalam kuliah yang menggunakan e-learning untuk mengumpulkan tugas, yang berbeda adalah skalanya yang lebih besar," tutur Andrey.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini