Fakta Mendikbud Nadiem, Tak Mau Dipanggil Pak hingga Janji Manis ke Guru

Maghfira Nursyabila, Okezone · Kamis 24 Oktober 2019 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 24 65 2121029 fakta-mendikbud-nadiem-tak-mau-dipanggil-pak-hingga-janji-manis-ke-guru-VVFtaXol2x.jpg Mendikbud Nadiem Makarim. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pascapelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi) banyak nama-nama menteri baru yang menjadi sorotan publik. Salah satunya, Menteri baru Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud), Nadiem Makariem.

Mantan CEO Gojek ini banyak diperbincangkan oleh masyarakat, Selain usianya terbilang masih muda, dalam sambutan lepas sambut menteri baru, dia juga banyak menjanjikan transformasi pendidikan ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: Jadi Mendikbud, Nadiem Makarim Janji Tingkatkan Kesejahteraan Guru

Berikut Fakta-Fakta menarik tentang Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, Kamis (24/10/2019):

1. Nadiem Makarim Ingin Dengar Aspirasi Semua Murid di Indonesia

Kabinet Indonesia Maju telah dilantik, termasuk Nadiem Makarim yang didaulat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Dalam sambutannya di Kantor Kemendikbud, dirinya menyatakan tidak memiliki program 100 hari.

"Saya tidak ada rencana 100 hari. Rencana 100 hari saya adalah duduk dan mendengar," kata dia.

Sertijab Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim Salam Komado dengan Muhadjir Effendy  

Pada periode 100 hari pertamanya, dia juga berniat untuk banyak berdiskusi dengan sejumlah pejabat Kemendikbud.

"Saya akan bicara dengan pakar di depan saya, yang selama bertahun-tahun berdampak dalam kualitas pendidikan," jelas dia.

"Selama 100 hari pertama saya, saya akan mendengat aspirasi semua murid di Indonesia, itu saya belajar. Saya di sini bukan untuk menjadi guru, saya di sini untuk menjadi murid," jelas dia.

Baca Juga: Nadiem Makarim Jadi Mendikbud Trending Topic di Twitter

2. Nadiem Makarim Janji Tingkatkan Kesejahteraan Guru

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menargetkan akan meningkatkan kesejahteraan guru hingga ingin menerapkan teknologi di bidang pendidikan.

"Dari sisi kapabilitas dan kesejahteraan guru itu adalah suatu hal yang terpenting," ujar Nadiem di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu.

Dia juga akan menerapkan dan lebih memaksimalkan teknologi dalam dunia pendidikan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

"Peran teknologi akan sangat besar dalam semuanya, kualitas, efisiensi dan administrasi sistem pendidikan sebessar ini ya," paparnya.

3. Nadiem Makarim Ingin Mulai dari Nol di Bidang Pendidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan lepas sambut menteri yang baru. Muhadjir Effendy dilepas dan Nadiem Anwar Makarim disambut sebagai Mendikbud. Dalam sambutannya di acara tersebut, Nadiem menyebut dirinya masih harus banyak belajar, khususnya mengenai dunia pendidikan serta mengenai Kemendikbud itu sendiri.

"Dari sisi formalitas saya harus belajar. Dari sisi protokoler harus belajar. Tapi kayanya secara konsisten, tema hari ini adalah belajar," ucap dia, Rabu.

Dia menegaskan, jika kehadirannya di Kemendikbud bukan untuk menjadi "guru", tetapi untuk menjadi "murid".

"Saya mulai dari nol di (bidang) pendidikan. Saya akan belajar sebanyak-banyaknya," kata dia.

Baca Juga: Viral Video Nadiem Makarim Naik Gojek, Netizen: Bayarnya Pakai Promo Gak Ya?

4. Transformasi Negara Harus Melalui Pendidikan

Nadiem Makarim telah resmi menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Pelantikan telah dilalui dan penyambutan dirinya di Kemendikbud juga telah dilakukan. Dalam acara lepas sambut di Kantor Kemendikbud, Nadiem mengungkapkan jika menjadi pimpinan di Kemendikbud merupakan sebuah hal luar biasa.

"Ini adalah kehormatan yang luar biasa bagi saya diberikan amanah oleh presiden," kata dia.

Sertijab Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim Salam Komado dengan Muhadjir Effendy

5. Menteri Nadiem Tak Mau Disebut 'Pak', Minta Dipanggil 'Mas'

Nadiem Makarim telah resmi menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Bersama menteri dari Kabinet Indonesia Maju, dia telah dilantik oleh Presiden Jokowi. Tapi ternyata, Nadiem enggan dipanggil "pak". Dirinya lebih memilih disapa dengan "Mas".

Hal tersebut terucap saat dia menyampaikan sambutannya dalam acara lepas sambut di Kantor Kemendikbud.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini