Soekarno Kerap Membawa Tamu Asing ke Jalan Pramuka, Kenapa?

Maghfira Nursyabila, Okezone · Rabu 14 Agustus 2019 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 14 65 2091833 soekarno-kerap-membawa-tamu-asing-ke-jalan-pramuka-kenapa-3GjY5iu7jv.png Foto: Dok. Perpusnas

JAKARTA – Hari ini bertepatan dengan hari jadi Pramuka. Jika ditilik kembali, Presiden pertama Republik Indonesia ke, Soekarno, pernah membacakan sebuah pidato yang cukup terkenal mengenai Pramuka.

Baca Juga: Buwas Berharap Jambore Pramuka di AS Tingkatkan Kemampuan Kontingen Indonesia

Kala itu, Presiden RI Soekarno mengingatkan Pramuka Indonesia untuk terus mengembangkan diri dan tidak pernah puas atas apa yang sudah diraih. Bagi Soekarno, Pramuka adalah pionir-pionir yang tidak kalah dengan pionir dari luar negeri.

Pidato Soekarno soal Pramuka

"Tapi kalau aku berkata tidak kalah, jangan kamu lantas merasa puas, jangan kamu merasa congkak, jangan lantas merasa bangga. Tidak! Kita ini harus selalu berusaha untuk lebih menyempurnakan diri kita. Umpamanya sudah sempurna, berusahalah agar lebih sempurna," demikian amanat Soekarno pada apel besar Gerakan Pramuka 1965, seperti dikutip dari naskah pidato "Gemblenglah Dirimu Sehebat-hebatnya", Rabu (14/8/2019).

Baca Juga: Lepas Kontingen Pramuka, Jokowi: Timbalah Persahabatan dari Negara Lain

Menurut Kepala Negara, dengan terus berusaha menjadi seorang yang lebih sempurna, maka bangsa ini menjadi bangsa yang hebat. Begitu juga dengan Pramuka-Pramuka Indonesia yang hebat.

Soekarno mengaku, akan memperkenalkan Pramuka kepada seluruh dunia. Oleh karena itu, dia memerintahkan untuk membangun Gedung Pramuka, di Jakarta.

"Begitu ada tamu kenegaraan berkunjung ke sini, dirinya akan menunjukkan Jalan Pramuka. Saya ingin menunjukkan kepada mereka ini Gedung Pramuka. Kalau aku bawa tamu agung, di tempat-tempat lain aku ingin mengatakan, ini Gedung Pramuka yang didirikan oleh keringat Pramuka sendiri," ujarnya.

Sebagai informasi, amanat Soekarno berjudul Gemblenglah Dirimu Sehebat-Hebatnya dibuat dalam rangka memperingati Hari Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini