Share

4 Keuntungan Melakukan Interview Secara Online

Agregasi Senin 12 Juni 2017 05:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 09 65 1711727 4-keuntungan-melakukan-interview-secara-online-MRSI3vNjoX.png Foto: Istimewa

JIKA dulu proses melakukan interview kandidat harus dilakukan secara langsung antara pihak personalia perusahaan dan calon kandidat, saat ini cara tersebut bukanlah menjadi satu-satunya cara. Teknologi telah memudahkan kita saat ini untuk melakukan cara lain dalam hal melakukan interview dengan kandidat, yaitu melalui web camera atau online interview.

Dengan memanfaatkan tools dan aplikasi yang ada, proses interview menjadi lebih mudah dan tentunya efisien melalui interview secara online. Terutama ketika perusahaan sedang mencari kandidat yang berada di luar daerah hingga luar negeri. Artikel berikut ini akan mengupas 4 keuntungan melakukan interview secara online.

Kandidat remote

Saat ini sudah banyak startup hingga UKM yang mempekerjakan pegawainya secara remote. Selain bisa memotong pengeluaran, pekerja remote juga bisa diberdayakan ketika perusahaan menemukan kandidat yang tepat di luar daerah. Tentunya wawancara secara online merupakan cara yang paling tepat untuk menemukan kandidat yang tepat, dengan demikian Anda bisa melihat kinerja dan kepribadian kandidat pekerja remot melalui interview secara online.

Bahasa tubuh

Salah satu keuntungan dari cara melakukan interview langsung adalah dimana pihak personalia perusahaan bisa melihat langsung seperti apa bahasa ubuh dari kandidat. Namun demikian dengan melakukan wawancara langsung melalui video atau webcam bukan berarti Anda tidak bisa melihat bahasa tubuh kandidat, hal tersebut juga bisa dilihat dengan melontarkan berbagai pertanyaan dan jawaban serta bahasa tubuh yang bisa terlihat melalui wawancara langsung via video dan webcam.

Evaluasi online

Cara pendukung lain yang bisa dilakukan untuk melihat latar belakang dan pengetahuan seorang kandidat adalah dengan memberikan pertanyaan, tes dan form aplikasi secara online. Manfaatkan tools atau situs yang bisa digunakan untuk perusahaan melakukan uji coba tersebut.

Referensi kandidat

Cara lain yang bisa dimanfaatkan untuk melihat kelayakan seorang kandidat adalah melihat referensi dan hasil pekerjaan kandidat tersebut di perusahaan sebelumnya. LinkedIn dan blog pribadi merupakan aplikasi yang tepat bagi Anda melihat referensi dan pengalaman dari seorang kandidat.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini