Share

1.000 Mahasiswa Berprestasi UIN Jakarta Bisa Nikmati Beasiswa Studi ke Luar Negeri

Hambali, Okezone · Kamis 04 Mei 2017 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 04 65 1683382 1-000-mahasiswa-berprestasi-uin-jakarta-bisa-nikmati-beasiswa-studi-ke-luar-negeri-s5s66Tdcm9.jpg Foto: Shutterstock

TANGSEL - Sebanyak 1.000 mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menerima bantuan beasiswa dari Euro Managemen untuk menimba ilmu di luar negeri. Upaya itu dilakukan berkaitan dengan perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2017 kemarin.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) itu di helat di Ruang Rektorat, Kampus UIN Jakarta, Jalan Ir. H Juanda, Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (4/5/2017).

Nampak hadir, Penggagas Program Gerakan Indonesia 2030 serta Pendiri Euro Managemen Indonesia Bimo Sasongko, yang didampingi oleh Rektor UIN Jakarta Dede Rosyada dan jajarannya.

Dalam kerjasama itu, disepakati pemberian beasiswa berupa kursus bahasa asing dan bimbingan studi di luar negeri selama 5 tahun untuk mahasiswa UIN Jakarta yang berprestasi.

"Program kerjasama ini sangat bagus untuk memberikan bimbingan kemampuan bahasa asing buat mahasiswa UIN Jakarta. Karena salah satu kendala terhambatnya program beasiswa untuk pendidikan lanjut ke luar negeri adalah persoalan kemampuan berbahasa asing bagi mereka yang ingin studi lanjut ke jenjang S2 dan S3," tutur Wakil Rektor 4 UIN Jakarta, Bidang Kerjasama, Murodi.

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah sekira 257,9 juta jiwa pada tahun 2016, hanya sekira 60 ribu yang belajar ke luar negeri. Angka itu terbilang sangat rendah jika dibandingkan dengan negara lain.

"Perlu adanya terobosan yang menjadi pelengkap atau penunjang reformasi pendidikan. Berbagai skema pengiriman siswa berbakat perlu dibuat, seperti skema beasiswa dari negara lewat LPDP, beasiswa pemda, maupun pengiriman secara mandiri oleh orang tua yang memiliki kemampuan dana," jelas Bimo Sasongko.

Senada dengan itu, Humas UIN Jakarta, Feni Arifiani sangat mengharapkan jika program kerjasama dengan Euro Managemen tidak terbatas hanya bimbingan kursus bahasa secara gratis, melainkan juga dengan mencarikan perguruan tinggi di Eropa Barat dan Jepang.

"Kerjasama ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas mahasiswa, semoga kedepannya akan makin meluas dengan mencarikan juga perguruan-perguruan tinggi di kawasan Eropa Barat dan Jepang sebagai tempat mereka menimba ilmu," harapnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini